Engineering

Pengertian Orifice

on

Perkembangan ilmu pendidikan semakin hari semakin luas dan semakin berkembang. Pengetahuan tentang sebuah materi juga semakin diperdalam mulai dari yang paling kecil sampai masalah yang paling krusial dalam konteksnya. Seperti halnya dalam permasalahan teknik, hal ini mungkin bisa menjadi literatur yang bisa dimanfaatkan untuk para calon enggineer sebagai bahan pertimbangan dan keperluan lainnya yang sinkron.
Dalam materi kuliah teknik khusunya dalam teknik mesin pasti tidak asing lagi bila disebutkan materi mekanika fluida atau yang sering disebut dengan mekflud. Materi yang cukup menguras tenaga dalam otak sehingga hal ini sering membuat seseorang frustasi dengan mata kuliah ini. 
Pembahasan kali ini hanya ingin memperjelas salah satu alat yang sering di gunakan dalam pengukuran laju aliran volume dalam pipa berhubungan dengan fluida yang melintas di antaranya. Yaitu Orifice, sebuah alat ukur dalam teknik masalah fluida yang mungkin sedikit kurang dipahami oleh orang yang tidak membidangi hal dalam mekanika fluida.

Selain dari hal itu mengapa dijelaksan disini karena pengukuran dalam ilmu teknik sangat penting karena perbedaan selisih dalam alat ukur selalu mempengaruhi hasil kerja ataupun fungsi dari hal yang di pelajari.
Untuk hal ini pengukuran untuk variable-variable dalam penelitian maupun praktikum sangat mengandalkan alat ukur yang memiliki ketelitian yang baik sehingga dapat menghasilkan hasil perhitungan pengukuran dengan akurat.
Penertian Orifice adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengkuru laju aliran volume atau massa fluida di dalam saluran yang tertutup (pipa) berdasarkan prinsip perbedaan tekanan.
Alat ini merupakan sebuah plat tipis dengan bertangkai atau memiliki pegangan yang dapat dijepit atau diapit diantara flens pipa. Fungsi dari pegangan atau sebut saja gagang orifice ini berfungsi sebagai bagian yang akan memudahkan pemasangan dalam pipa sehingga dapat digunakan dengan mudah tanpa harus mengurangi atau menambahkan bagian lain dari komponen yang akan digunakan bersama orifice ini.
Orifice juga tergolong sebagai alat ukur untuk laju aliran dengan metode rintangan aliran atau Obstruction Device. Hal ini di karenakan geometrinya sangat sederhana, selin itu biaya murah, mudah di dapatkan, mudah digunakan maupun pasang copotnya menjadikan alat ini sebagai alat ukur yang sangat sederhana.

Baca juga mengenai :
Prinsip Kerja Orifice dan Jenis-jenis Orifice
Pengertian kompresor serta keunggulannya
PENGERTIAN MOTOR BAKAR

Incoming search terms:

Komentar