Uncategorized

Pengertian Motor Elektrik 3 Fasa

on

Dunia industri memang sedang merajalela. Berkat adanya revolusi industri pada masa perang dunia, modernisasi dan globalisasi bisa tercipta. Bisa dikatakan bahwa semua manusia yang ada di muka bumi ini, pasti memiliki dan memakai mesin. Mesin merupakan salah satu produk dari hasil revolusi industri. Kini, hampir semua dunia industri memakai mesin motor elektrik 3 fasa. 
Mesin sangat berfungsi sebagai alat untuk memproduksi barang atau mempersiapkan jasa, sehingga melakukan sesuatunya menjadi efektif dan efisien. Dalam menciptakan barang, banyak industri yang merasa lebih efisien jika memakai motor yang bertenaga elektrik 3 fasa. Motor elektrik 3 fasa merupakan alat penggerak yang memiliki konstruksi yang sederhana dan harga perawatannya pun mudah dijangkau. Motor eletrik juga memiliki motor induksi yang memiliki parameter yang pas untuk proses resitensi rotor. Sehingga membuat mesin ini beroperasi dengan cara yang berbeda. Salah satu kelemahan mesin motor ini adalah tidak mampu untuk berkecepatan tinggi. Apalagi jika memiliki perubahan beban, cenderung tidak konstan kecepatannya. Motor elektrik ini lebih memungkinkan dan sering dipakai sebagai penghantar arus listrik ulang-alik. Mode motor elektrik ini bisa disambungkan di mesin pemanas ruang, pencahayaan elektrik, dan jenis alat lainnya yang memiliki beban panas tinggi.
Motor elektrik ini biasa disebut dengan motor induksi, yang memiliki sekiranya 2 komponen utama, yaitu rotor dan strator. Celah sempit yang menjadi pemisah rotor dan strator itu biasa disebut dengan air gap dan memiliki ukuran 0,4 mm sampai 4 mm. Jadi, cara kerja motor elektrik 3 fasa ini yaitu dengan memotong batang dari konduktor pada rotor. Akan tetapi, jangan sampai salah bagian rotor. Karena motor induktif ini memiliki 2 bagian rotor. Yaitu, rotor belitan yang lilitan stratornya sama dan rotor sangkar tupai yang desain rotor itu terdiri dari kumpulan banyak logam. Kelebihan dari motor induksi ini juga merupakan keuntungan yang sangat besar bagi para pengguna alat-alat mesin produksi karena konstruksi luarnya pun amat sangat kokoh. 

Incoming search terms:

Komentar