Engineering

PENGERTIAN MOTOR BAKAR

on

Dalam kehidupan sehari-hari sekeliling kita banyak kita jumpai berbagai macam kendaraan dengan berbagai merek namun menggunakan satu proses dan sistem dasar yang sama, yaitu proses pembakaran dengan bahan bakar minyak yang terjadi dalam combustion chamber atau ruang pembakaran. Oleh karena itu dalam bahasa teknik sering dikenal sebagai motor bakar.
Secara garis besar, motor bakar dibagi menjadi dua bagian, yaitu motor pembakaran dalam (internal combustion engine) dan motor pembakaran luar (external combustion engine). Motor pembakaran dalam adalah motor yang menghasilkan tenaga panas dari dalam mesin itu sendiri, sedangkan motor pembakaran luar adalah motor yang menghasilkan tenaga panas dari luar mesin (Toyota, New Step 1 1996 : 3-1).

Motor bensin menggunakan bahan bakar bensin sehingga termasuk ke dalam motor pembakaran dalam. Untuk motor bensin, menurut cara kerjanya digolongkan menjadi dua kategori yaitu motor bensin 4 langkah (four stroke engine) dan motor bensin 2 langkah (two stroke engine).

Incoming search terms:

Komentar