Engineering

Pengertian logam dan non logam (non ferro)

By

on

Pegertian logam dan non logam (non ferro) – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering melihat benda-benda rongsokan yang di buang oleh orang yang tidak memerlukannya lagi ke tempat sampah, baik itu berupa barang dari plastik, besi maupun yang lainnya. Dimana besi itu sendiri merupakan benda logam yang terdapat kandungan-kandungan unsur karbonnya. Di dunia pendidikan kita harus mengerti unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.

Pengertian logam (ferro)

Logam adalah elemen kerak bumi (mineral) yang terbentuk secara alami. Jumlah logam diperkirakan 4% dari kerak bumi. Logam dalam bidang keteknisian adalah besi. Biasanya dipakai untuk konstruksi bangunan-bangunan, pipa-pipa, alat-alat pabrik dan sebagainya.
contoh bahan logam dan non logam
Contoh dari logam yang sudah memiliki sifat-sifat penggunaan teknis tertentu dan dapat diperoleh dalam jumlah yang cukup adalah besi, tembaga, seng, timah, timbel nikel, aluminium, magnesium. Kemudian tampil logam-logam lain bagi penggunaan khusus dan paduan, seperti emas, perak, platina, iridium, wolfram, tantal, molybdenum, titanium, vokalt, anti monium (metaloid), khrom, vanadium, beryllium, dan lain-lain.
Logam adalah unsur kimia yang mempunyai sifat-sifat, yaitu :

  • Dapat ditempa dan diubah bentuk
  • Penghantar panas dan listrik
  • Keras (tahan terhadap goresan, potongan atau keausan), kenyal (tahan patah bila dibentang), kuat (tahan terhadap benturan, pukulan martil), dan liat (dapat ditarik).

Yang dimaksud besi dalam bidang keteknisan adalah besi teknis, bukan besi murni, karena besi murni (Fe) tidak memenuhi pernyataan teknik, persyaratan teknik adalah kekuatan bahan, keuletan, dan ketertahanan terhadap pengaruh luar (korosi, aus, bahan kimia, suhu tinggi dan sebagainya).

Besi teknis selalu tercampur dengan unsure-unsur lain misalnya karbon (C), silicon (Si), mangan (Mn), Fosfor (P), dan belerang (S). Unsur-unsur tersebut harus dalam kadar tertentu, sesuai dengan sifat-sifat yang dikehendaki, secara garis besar besi teknik terbagi menjadi :

  • Besi kasar : kadar karbon lebih besar dari 3,5%, tidak dapat ditempa.
  • Besi : kadar karbon lebih besar dari 2,5%, tidak dapat ditempa.
  • Baja : kadar karbon kurang dari 1,7%, dapat ditempa.

Pengertian Non Logam (Non Ferro)

Pengertian dari bahan bukan logam atau non logam adalah unsure kimia yang mempunyai sifat-sifat, yaitu :

  • Elastis (karet), cair (bahan pelumas, dan tidak dapat menghantarkan arus listrik (bahan isolasi)).
  • Peka terhadap api (bahan baker, tidak dapat terbakar (Asbes) dan mudah pecah (keramik)).


Demikian artikel tentang pegertian logam. Semoga dapat bermanfaat

Incoming search terms:

Komentar