Engineering

Pengertian kompresor serta keunggulannya

By

on

kompresor adalah sebuah alat mekanik yang  memiliki fungsi untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, yaitu gas atau udara. Pada tubin gas kompresor berfungsi sebagai penyediakan udara bertekanan tinggi kedalam ruang bakar sehingga mampu membantu reaksi pembakaran
Kompresor aksial
Kompresor aksial adalah kompresor yang fluida kerja terutama mengalir sejajar dengan sumbu rotasi. Dalam rancang bangun kompresor aksial umumnya dikesampingkan, peneliti lebih mengutamakan kompresor radial. Perbandingan tekanan yang tinggi pada kompresor radial salah satu daya tarik, sedangkan pada kompresor aksial perbandingan tekanannya sangat rendah. Kompresor aksial dirancang agar aliran fluida dalam sudu tidak terlalu banyak mengalami pembelokan arah sehingga kerugian energi sangat kecil. Kompresor aksial yang dirancang dengan baik mempunyai rendemen 10% lebih besar dari kompresor radial yang mempunyai kemampuan (performance) yang sama.

Kompresor radial mempunyai perbedaan diameter sisi keluar dengan sisi masuk yang besar, sedangkan kompresor aksial relatif jauh lebih kecil. Pada kompresor aksial diameter rata-rata sisi masuk hampir sama dengan diameter rata-rata sisi buang, sehingga kecepatan tangential sisi masuk dianggap sama dengan kecepatan sisi buang. Untuk menaikkan tekanan gas dibutuhkan perubahan kecepatan dengan cara sedikit melengkungkan sudu Kapasitas kompresor aksial jauh lebih besar dari kompresor radial, dan untuk mendapatkan tekanan tinggi harus dengan jumlah tingkat yang banyak. Dimensi/diameter yang lebih kecil merupakan keunggulan kompresor aksial, sehingga dapat digunakan pada pembangkit tenaga dengan daya yang besar.
Pada system pembangkit turbin gas dengan daya di atas 1,5 MW, umumnya digunakan kompresor aksial. Demikian juga pada pesawat terbang, kehadiran kompresor aksial sebagai pemasuk udara ke ruang bakar mutlak diperlukan.
Pressure distribution

Rotor

  • Mempercepat aliran udara
  • Memberikan energi kenetik pada aliran udara  ½rv2
  • Tingkat total daya membawa di aliran dengan meningkat momentum sudut

Stator

  • Mengubah energi kinetik menjadi energi dalam dengan cara menaikan tekanan rata2
  • Mengarahkan aliran udara yang bergerak kearah rotor blade sehingga mengurangi rendamen-rendamen pada sudu

Keunggulan kompresor aksial
  • Kompresor aksial dirancang agar aliran fluida dalam sudu tidak terlalu banyak mengalami pembelokan arah sehingga kerugian energi sangat kecil
  • Kompresor aksial yang dirancang dengan baik mempunyai rendemen 10% lebih besar dari kompresor radial yang mempunyai kemampuan (performance) yang sama.
  • Dimensi/diameter yang lebih kecil 

Incoming search terms:

Komentar