Engineering

Pengertian Komposit dan Aplikasinya

on

Dalam bidang metalurgi tentu saja sering mengenal berbagai macam jenis-jenis material baik material yang mengandung unsur besi, aluminium, karbon bahkan campuran dari semua jenis unsur material logam. Seperti halnya komposit yang merupakan material yang terdiri dari berbagai macam campuran namun bukan murni terdiri dari campuran material besi, seng atau benda logam lainnya, bisa saja campuran komposit berasal dari serabut kelapa, ijuk dan lain sebagainya.
Tujuan di ciptakan komposit ini sebenarnya untuk memberikan material lain yang lebih murah sehingga dapat diaplikasikan dalam berbagai macam alat, baik alat rumah tangga, otomotif dan lain sebagainya. Komposit terhitung lebih murah dan lebih efisien karena bahan campuran untuk material ini biasanya tersusun dari bahan-bahan alami, selain menggunakan ijuk dan serat kelapa, bahan campuran lain biasanya dengan menggunakan serat dari eceng gondok, serat daun bambu dan bahan-bahan lainnya dari alam.
Pengertian material komposit adalah suatu jenis material yang tersusun dari dua jenis bahan atau lebih yang memiliki perbedaan struktur maupun karakteristik, masing-masing bahan penyusun material komposit juga berbeda baik secara sifat kimiawinya maupun fisikanya.
Bahan material komposit dipercaya akan memberikan dampak yang positif dalam bidang industri maupun ekonomi karena bahan penyusun komposit ini biasanya lebih mudah didapatkan dan memiliki biaya yang kecil untuk mendapatkan bahan penyusun material komposit tersebut sehingga dapat memberikan kuantitas harga yang lebih kecil.
Untuk aplikasinya, komposit sering digunakan untuk bahan uji coba perbandingan material atau sebagai literatur pembanding sebuah uji coba. Selin itu dalam dunia industri  bahan ini banyak digunakan dalam industri pesawat terbang, indsutri mobil, industri bahan bangunan dan lain sebagainya. 
Seperti dilansir dari wikipedia.org militer amerika serikat merupakan salah satu pihak militer yang pertama kali menggunakan dan mengembangkan bahan komposit. Pesawat milik amerika AV-8D merupakan pesawat yang tersusun dari bahan komposit dan miliki kandungan bahan komposit sebanyak 27% dalam struktur rangka pesawat pada awal tahun 1980an. Kemudian digunakan dalam sekala besar pertama kali terjadi pada tahun 1985 yang pada saat itu Airbus A320 pertama kali terbang dengan stabiliser horisontal dan vertikal yang terbuat dari bahan komposit.

Komentar