Engineering

Pengertian dan Penjelasan Lengkap Sistem Transmisi Pada Kendaraan Otomotif

on

System transmisi pada kendaraan otomotif merupakan sebuah sistem yang fungsinya sebagai pemindah daya dan putaran mesin menjadi tenaga dan putaran yang berbeda-beda yang kemudian diteruskan ke penggerak berupa roda. Pemindahan daya ini berfungsi untuk mengupah kecepatan putar yang tinggi menjadi lebih rendah namun memiliki tenaga yang besar atau juga sebaliknya. Masyarakat umum menyebut transmisi ini dengan sebutan presneleng atau gigi.

System mobil secara simpel bisa dibagi menjadi tiga yaitu mesin utama, transmisi dan kaki-kaki atau roda. Mesin pada mobil sebenarnya hanya menghasilkan putaran mesin yang baru bisa digunakan untuk menggerakan kendaraan setelah melewati transmisi dengan membagi-bagi putaran mesin berbanding tenaga. Misalkan gigi rendah menyediakan putaran mesin rendah namun tenaga yang besar.

System transmisi ada tiga jenis yaitu manual, otomatis dan semi otomatis. Dengan komponen utama yaitu kopling dan transmisi. Transmisi manual mengharuskan pengemudi memindah sendiri tuas untuk menukar gigi percepatan.

Gigi percepatan dirangkai sedemikian rupa dalam gearbox untuk mengakomodir beberapa percepatan. Untuk transmisi otomatis, perpindahan gigi percepatan bergantung kepada mekanisme gesek dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi jenis ini roda gigi planetary mempunyai fungsi serupa pada roda gigi transmisi manual.

Kecenderungan pemakaian transmisi otomatis kian hari kian meningkat karena kebutuhan manusia akan alat yang semakin praktis. Dikatakan bahwa transmisi otomatis atau matic sangat nyaman digunakan pada kondisi perkotaan yang seringkali terjebak macet dan membutuhkan seringnya perpindahan gigi.

Transmisi jenis ketiga adalah transmisi semi-otomatik. Transmisi jenis ini tidak memerlukan pengendara menginjak tuas kopling ketika hendak memindah gigi, karena sistem ini menggunakan sensor elektronik untuk perpindahan gigi.

Transmisi semi-otomatik dikembangkan sebagai jawaban atas kebutuhan masyarakat perkotaan dalam berkendara ketika macet. Penerapan transmisi jenis ini juga diterapkan dalam kendaraan roda dua. Pemilihan jenis transmisi sangat personal mengingat setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Pemilihan varian transmisi dalam kendaraan juga sangat bermacam-macam sehingga memudahkan calon konsumen untuk memilih kendaraan dengan transmisi tertentu.

Incoming search terms:

Komentar