Anestesi

Pengertian Anestesi Lokal Episiotomi Di Bidang Kedokteran

on

Proses melahirkan bisa jadi merupakan proses yang membuat kebanyakan ibu khawatir. Apalagi ketika harus dilakukan episiotomi. Hal ini dilakukan untuk melancarkan proses kelahiran bayi. Dokter biasanya melakukan anestesi lokal untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan akibat episiotomi. Berikut akan kita bahas sedikit mengenai pengertian anestesi episiotomi. Saat proses melahirkan berlangsung, ada kalanya dokter merasa perlu melakukan episiotomi. Hal ini demi kelancaran proses melahirkan. 
Episiotomi adalah pemotongan otot dan kulit yang berada diantara v*g**a dan anus. Hal ini tentu saja bertujuan untuk melebarkan jalan lahir bayi. Episiotomi dilakukan untuk mencegah robekan yang berbahaya pada perineum. Itu merupakan keuntungan episiotomi. Namun, ketika episiotomi dilakukan tidak benar maka ini juga berbahaya dan dapat terjadi robekan sampai ke anus. Sebelum melakukan episiotomi, terlebih dahulu dokter atau akan memberikan anestesi lokal. Nah, sebelum mengetahui pengertian anestesi episiotomi, selain harus tahu tentang episiotomi, kita juga harus tahu mengenai anestesi. Anestesi adalah suatu tindakan untuk menghilangkan rasa nyeri atau sakit saat melakukan suatu prosedur yang dapat menyebabkan  nyeri atau sakit pada tubuh. 
Anestesi sering juga disebut pembiusan. Hal ini biasanya dilakukan ketika akan dilakukan pembedahan atau operasi Seperti yang kita dengar bahwa anestesi atau pembiusan ini dibagi menjadi tiga tipe, yaitu anestesi atau pembiusan lokal, regional, dan total. Anestesi lokal berarti menghilangkan rasa sakit pada bagian tubuh yang spesifik. Anestesi regional lebih luas, yaitu menghilangkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu dan selektif pada jaringan saraf pada bagian dan yang berhubungan dengan saraf itu. Sedangkan anestesi total berarti pembiusan total dilakukan untuk menghilangkan kesadaran secara total.
Episiotomi dilakukan dengan gunting khusus episiotomi. Dalam hal prosedur episiotomi, dokter atau bidan biasanya melakukan anestesi lokal, yang berarti bahwa anestesi yang dilakukan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu yang spesifik. Untuk prosedur episiotomi, anestesi dilakukan pada bagian sekitar anus. Namun, ada saat ketika keadaan darurat tidak dilakukan anestesi lokal. Tentu saja, episiotomi dilakukan berdasarkan pertimbangan oleh dokter atau bidan demi kebaikan bagi ibu dan bayi. Demikian artikel mengenai pengertian anestesi episiotomi. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Komentar