Internasional

Penemuan Terbaru : Astronom Temukan Planet Seperti Bumi

on

Telah banyak beredar sejak dulu bahwa disebut-sebut ada planet selain bumi yang memiliki atmosfer sama persis seperti bumi sehingga memungkinkan untuk di tinggali manusia. 
Namum sampai saat ini masih tidak ada fakta yang jelas mengatakan bahwa ada planet selain bumi yang dapat dihuni manusia secara aman tanpa menggunakan peralatan astronot.
Saat ini kembali muncul berita bahwa ditemukan kembali planet yang dikatakan merupakan saudara bumi karena planet tersebut memiliki ciri-ciri yang mirip dengan bumi, diprediksi juga dapat ditempati atau ditinggali oleh manusia.
Para astronom menyebut planet baru ini sebagai Kepler-186f, diklaim sangat mirip sekali dengan bumi sehingga muncul di berbagai media sebagai planet sepupu bumi.
Hasil pengamatan Elisa Quintana seorang ilmuan dari SETI Insitute di NASA Ames Research Center yang memimpin tim astronom pemburu planet baru yang menggunakan teleskop antariksa Kepler milik NASA mendapati pengamatan bahwa Kepler-186f mengorbit pada Kepler-186 yaitu bintang katai merah yang memiliki sinar lebih redup dari matahari, memiliki jarak tempuh 490 tahun cahaya.
Quintana junga mengatakan “Penemuan Kepler-186f adalah sebuah tonggak besar dalam bidang perburuan planet” sperti yang dikatannya dalam Daily Mail pada Jumat, 18 April 2014.
Dalam penyelidikan sebelumnya diketahui Kepler-186 mempunya 4 planet yang memiliki posisi saling berdekatan sehingga memiliki suhu panas dan tidak memungkinkan untuk dapat dihuni makhluk hidup.
Ini gambar Kepler-186f didasarkan pada apa yang astronom berharap mungkin terlihat seperti. Kehidupan tanaman berwarna kuning karena cara di mana ia memantulkan cahaya dari bintang tapi air dan awan mungkin akan sedikit lebih oranye dari mereka yang ditampilkan di sini, menurut Thomas Barclay
Namun dikatakan lagi Oleh Thomas Barclay yang juga merupakan seorang ilmuan yang bergabung pada misi Kapler dan beberapa author lainnya mengatakan bawha ‘Kepler-186f memiliki jarak ideal dari bintang yang memungkinkan untuk membentuk air.”
Thomas Barclay telah mempelajari struktur warna pada permukaan Kepler-186f dan berasumsi terdapat banyak warna yang merupakan bentuk atau wujud adanya atmosfir sperti air, tanaman dan udara yang mampu digunakan untuk hidup. Namun hal ini tentu saja masih sebuah asumsi.
Dari seluruh pengarahan yang di sampaikan para ahli astronom tersebut masih bisa disimpulkan bawha astronom sendiri masih belum mengetahui secara pasti apakah Kepler-186f dapat menyokong kehidupan. Jarak planet ini yang masih sangat jauh dari jangkauan bahkan dengan teleskop terbaru milik nasa.
Untuk memperlajari lebih lanjut dan lebih jauhnya tentang planet ini dijadwalkan James Webb kan diluncurkan untuk mengetahui secara terperinci planet tersebut pada tahun 2018 mendatang.

Komentar