Nasional

PEMILU 2014 : Golput Pemilu Tahun Ini Bisa “Menang”

By

on

wartasaranamedia.com – Golongan putih atau yang sering disebut dengan “golput” diperkirakan akan “memenangkan” pemilu 2014, tentunya hal ini disebabkan oleh kinerja dari parati polotik yang dinilai mengecewakan dan tidak memperjuangkan kepentingan rakyat jelata.


Asep Warlan Yusup (pengamat politik dari Universitas Parahyangan) mengatakan bahwa jika dilihat dari daftar calon legislative yang banyak di isi oleh para artis dan muka – muka lama, kinerja dari partai politik tidak akan maksimal.
“Jumlah golput akan akan mencapai angka yang luar biasa, jika parpol tidak serius dalam menangani kepentingan rakyat, tentunya golput bisa di pastikan menang, kita bisa rasakan sendiri bahwa rakyat banyak yang kecewa dengan kinerja parpol yang seperti ini.,” Ungkap asep yang diwawancarai beberapa waktu lalu.
Asep menjabarkan, proses pengkaderan yang dilakukan oleh parpol sekarang ini tidak sesuai dengan sebagaimana mestinya sesuai dengan yang damanatkan pada undang – undang. Program – program yang yang telah direncanakan parpol tidak berjalan sebagaimana mestinya, tentunya hal tersebut menyebabkan demokrasi di Negara kita akan gagal”, tegasnya.
Asep pun mengimbau kepada masyarakat untuk lebih jeli dan pintar dalam memilih calon legislative yang akan diamanatkan untuk memperjuangkan hak rakyat. “Kita harus telusuri dulu apakah mereka koruptor atau pengguna narkoba. Kemudian kita lihat apakah program – program yang mereka tawarkan jelas atau tidak. Setelah itu coba kita lihat bagaiman visi dan misi mereka dalam mengumpulkan suara,” tutup Asep.
Di Indonesia saat ini terdiri dari tiga macam pemilih. Yang pertama yaitu pemilih yang sudah mantap dan yakin dengan salah satu partai politik atau sering disebut dengan pemilih tradisionil. Kedua adalah pemilih pemula yang mayaritas diisi oleh para ABG yang baru memperoleh hak suara, dan biasanya mereka akan mengikuti pengaruh dari lingkungan sekitar seperti teman, orang tua, dan masyarakat sekitar. Dan yang ketiga tentunya golongan putih (golput) yang sudah yakin bahwa tidak ikut memilih dalam pemilu merupakan pilihan terbaik .

Dari survey yang diadakan beberapa waktu lalu, komposisi ketiga pemilih tersebut cukup signifikan. Pemilih Tradisionil berjumlah kurang lebih 40 %, pemilih pemula sekitar 30 %, dan sisanya adalah golput yang berjumlah sekitar 40 %.

Komentar