Engineering

Pembahasan tentang Pengertian generator

on

Pengertian generator menurut beberapa sumber banyak sekali pengertiannya dan memiliki pengertian yang tidak jauh berbeda dari satu dan lainnya. Dari beberapa banyak pengertian tentang generator, berikut ini adalah salah satu hukum yang terkenal yang di ambil oleh penulis dan telah banyak di paparkan, yaitu hukum faraday “bahwa apabila ada sebuah kawat penghantar suatu listrik berada di dalam medan magnet akan berubah-ubah, maka di dalam kawat tersebut akan membentuk suatu gaya yang disebut dengan gerak listrik”.

Dari pengertian hukum faraday diatas, dapat dijelaskan bahwa generator memiliki pengertian sebagai sesuatu alat yang dapat merubahkan suatu gaya atau gerakan sebuah tenaga mekanik menjadi suatu yang sangat berguna dan dapat kita pakai sehari-hari yaitu energi listrik. Seperti yang banyak kita ketahui, sumber tenaga mekanik dapat dihasilkan oleh bermacam-macam sumber tenaga yang ramah terhadap lingkungan sekitar. Sumber tenaga yang ramah terhadap lingkungan disini sebagai sumber tenaga mekanik yang bisa berasal dan dihasilkan dari beberapa sumber tenaga yang kita temui sehari-hari, seperti berasal dari uap, dari terik panas matahari, dari sumber air, dan lain sebagainya.


Dari sumber tenaga mekanik yang telah disebutkan diatas, yaitu sumber tenaga mekanik yang berasal dari uap, dari terik matahari, dan sumber air tersebut, maka dapat menimbulkan atau menghasilkan suatu yang kita sebut dengan energi listrik yang sangat berguna dalam kehidupan dan keperluan kita sehari hari yang tidak lepas dari penggunaan listrik sebagai sumber energi. Energi listrik yang dapat ditimbulkan atau dihasilkan oleh generator dapat berupa energi listrik yang berbeda-beda pula. Pertama, energi listrik yang dihasilkan oleh generator adalah energi listrik bolak balik, atau yang sering kita sebut dengan AC. Kedua, energi listrik yang dihasilkan oleh generator dapat pula berupa energi listrik searah atau yang sering kita sebut dengan listrik satu arah atau yang kita sebut dengan DC. Dimana semua bergantung berdasarkan konstruksi atau susunan sumber.

Incoming search terms:

Komentar