Engineering

Pembagian Jenis-Jenis Generator

on

Pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan tentang pembagian dari jenis-jenis generator. Seperti yang telah kita ketahui sekilas tentang pengertian generator itu sendiri adalah suatu alat yang dapat merubah suatu gaya atau gerakan sebuah tenaga mekanik menjadi energi listrik. Dari pengertian generator tersebut, generator itu sendiri terdapat dua pembagian dari jenis generator, yaitu generator AC (Alternating Current) dan generator DC (Direct Current). Dimana antara generator AC dan Generator DC ini memiliki peranan yang sangat penting di dalam kehidupan kita.
Pembagian dari jenis generator yang pertama adalah jenis generator AC, atau yang sering kita sebut dengan arus bolak balik. Generator AC atau generator yang disebut arus bolak balik ini sering disebut dengan generator alternator atau generator sinkron. Dimana generator AC atau generator arus bolak balik ini dapat berfungsi sebagai generator perubah tenaga mekanis menjadi suatu tenaga listik arus bolak balik. 
Generator arus AC atau bolak balik ini menghasilkan peranan yang sangat besar dan penting di dalam proses merubah beberapa energi. Seperti energi yang dihasilkan dari minyak bumi, batu bara, dan gas yang ada, dapat dirubah dan dipergunakan serta dimanfaatkan dalam proses kegiatan sehari-hari.  
Pembagian dari jenis yang kedua dari generator adalah jenis generator DC, atau yang sering kita sebut sebagai generator yang dapat menghasilkan arus satu arah atau searah. Generator satu arah ini, atau DC adalah merupakan sebuah perangkat yang disebut dengan motor listrik yang dapat merubah suatu energi mekanis menjadi sesuatu yang kita sebut dengan energi listrik. Dimana energi listrik yang dihasilkan oleh generator DC juga memiliki peran yang sangat penting di dalam proses menghasilkan energi listrik dan sangat bermanfaat serta dapat kita pergunakan di dalam kegiatan rutinitas keseharian yang tidak bisa lepas dari penggunaan listrik. Generator DC ini sendiri dapat kita bedakan berdasarkan menurut jenisnya. Seperti berdasarkan dari rangkaian balutan magnetnya atau penguat eksitansi terhadap jangkar atau ankernya itu sendiri. 

Incoming search terms:

Komentar