Engineering

Pembagian Dalam Komponen Rem Serta Penjelasannya

on

Komponen rem merupakan alat yang digunakan dalam kendaraan sebagai alat untuk menghentikan laju kendaraan. Dapat dibayangkan jika sebuah kendaraan memiliki alat untuk membuat kendaraan melaju dengan kecepatan tertentu namun tidak memiliki alat untuk menghentikan laju, seperti makan sayur tak bergaram, tidak lengkap berbahaya pula. Sebagaimana prinsip keseimbangan dimana satu elemen menyeimbangkan elemen lain sehingga tidak ada satu elemen yang dominan.

Rem sangat penting dalam kendaraan tanpa adanya rem kendaraan bisa menjadi sangat berbahaya, kemungkinan terburuk adalah terjadi kecelakaan. Dengan adanya rem saja tetap banyak kecelakaan karena faktor jarak serta waktu pengereman yang tidak mencukupi apalagi dengan ketidakadanya rem, lalu bagaimana kendaraan tersebut akan berhenti.

Pada prinsipnya komponen rem terbagi atas tiga bagian; bagian pertama adalah input energi, bagian kedua adalah media penyalur dan bagian ketiga adalah komponen gesek. Sebagaimana kita ketahui prinsip utama dari rem adalah menggunakan gaya gesek untuk menghentikan laju gaya lain dalam hal ini adalah laju kendaraan.

Sinergi ketiga bagian pada komponen rem ini harus bekerja dengan maksimal dan saling berhubungan, karena jika salah satu bagian saja terjadi gangguan maka akan sangat berefek terhadap aktifitas pengereman yaitu yang sering kita sebut dengan rem blong.

Komponen pertama yang disebut input gaya biasanya berupa tuas yang digerakan dengan tangan atau bisa juga berupa pedal yang digerakan dengan ditekan dengan kaki. Dari komponen pertama, gaya tekan kemudian disalurkan melalui media berupa selang karet, kabel baja maupun berupa batang baja. Gaya dari media penyalur kemudian masuk kedalam komponen gesek.

Aktifitas utama dari rem terjadi di komponen gesek. Dalam komponen ini gaya yang diterima oleh tuas yang kemudian diteruskan melalui media berupa kabel kemudian pada akhirnya sampai di komponen gesek dirubah menjadi tenaga untuk menggerakan kampas untuk menekan permukaan rem agar laju kendaraan dapat berhenti. Dalam komponen gesek bisa berupa tromol atau drum brake maupun cakram atau disebut juga disck brake. Masing-masing komponen ini berbeda antara satu sama lain.

Incoming search terms:

Komentar