Engineering

Pemahaman Tentang Pengertian Korosi atau Karatan dan Jenis-jenis Korosi

on

Secara umum dalam kehidupan sehari-hari pasti sering dijumpai kalau bahan-bahan yang terbuat dari besi akan mengalami karat. Dikehidupan rumah tangga hal ini sudah sangat di sadari, bahkan kebanyakan dari orang telah mengetahui solusi untuk mengatasi korosi tersebut dengan berbagai macam hal yang terkadang secara teori masuk akal dan ada pula yang di luar akal.  Realita seperti inilah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Namun dalam konteks ini seseorang pasti telah mengetahui bahwa besi akan berkarat apabila berada di tempat lembab, oleh karena itu secara langsung manusia maka menyingkirkan atau memindahkan barang miliknya ketempat yang tidak lembab.  Kemudian ada juga yang beranggapan bahwa kalau benda logam besi disimpan dalam ruang tertutup dan diberi kamper (kapur barus) tidak akan mengalami korosi.  Realita seperti itu yang sekarang ini banyak terjadi di kehidupan sehari-hari. Oleh karen itu ada baiknya memahami hal tentang karat tersebut.

Pengertian Korosi pada dasarnya merupakan suatu peristiwa rusaknya material logam karena adanya rekasi kimia  atau elektrokimi dengan lingkungannya sehingga mengurangi nilai ekonomis logam tersebut. Dalam hal ini lingkungan bisa merupakan salah satu variable utama terjadinya korosi, karena tingkat korosi suatu tempat juga berbeda, tergantung dari variable-variable penyebab korosi lainnya seperti kelembaban udara, suhu dan iklim suatu daerah berdasarkan letak geografisnya juga menjadi faktornya.

Berdasarkan jenis reaksninya korosi dibedakan menjadi dua jenis yaitu korosi kering (dry corrosion) atau korosi kimia dan korosi elektrokimia yang biasanya juga disebut dengan reaski basah (Aqueous Corrosion). Korosi kering biasanya berhubungan dengan temperatur suatu tempat yang memiliki suhu tinggi sehingga korosi tersebut terjadi tanpa adanya keterliabatan air atau zat elektrolitnya. Sehingga hubungan korosi kimia ini merupakan sebuah korosi yang terjadi pada temperatur tinggi sehingga kadar air dikatakn 0% dalam reaski korosi tersebut.

Setelah diketahui hal diatas bisa dikatakan bahwa metode-motode umum yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari hampir mendekati benar dengan melakukan berbagai macam pencehan berdasarkan pengalaman mereka. Tapi perlu diketahui bahwa korosi tidak hanya terjadi pada reaksinya dengan air namun juga karena suhu tinggi. Pada Intinya korosi tidak bisa dihindari tapi dapat dicegah supaya umur logam menjadi lebih lama.

Incoming search terms:

Komentar