Engineering

Penjelasan Tentang Oksidasi Pada Temperatur Tinggi

on

Banyak penelitian tentang oksidasi temperatur tinggi yang sudah dilakukan. Tapi pada kesempatan kali ini saya ingin mereview kembali tentang penelitian tersebut hehehe.

Saat saya mengambil judul yang berhubungan dengan oksidasi pada temperatur tinggi ini sebagai tugas akhir kuliah, banyak pertanyaa yang timbul karena hal ini. Apa yang dimaksud dengan oksidasi pada temperatur tinggi itu sendiri?

Penjelasan dan Pengertian Oksidasi Serta Prosesnya

Oksidasi merupakan suatu rekasi yang terjadi apabila logam bersentuhan dengan udara atau oksigen. Sedangkan termperatur tinggi merupakan variabel yang memberikan pengaruh terhadap oksidasi.

Proses oksidasi temperatur tinggi dimulai dengan adsorpsi oksigen yang kemudian membentuk oksida pada permukaan bahan. Selanjutnya, terjadi proses neuklasi oksida dan pertumbuhan lapisan untuk membentuk proteksi.

Dengan terjadinya oksidsi tersebut maka dapat dihitung laju korosi suatu logam sehingga dapat ditentukan masa pakai atau umur logam tersebut. Selain itu juga dapat diketahui bahwa pada oksidasi temperatur tinggi ini dapat membuat banyak fenomena yang sangat menarik seperti penambahan berat material setelah dilakukan oksidasi. Hal ini cukup menarik menurut saya? sehingga timbul banyak pertanyaan tentang hal itu. Mengapa logam tersebut dapat bertambah berat? bagaimana bisa?

Setelah dilakukan banyak studi literatur yang berhubungan dengan oksidasi tersebut baik melalui buku maupun browse situs-situs yang berkaitan. Ternyata penambahan berat tersebut dikarenakan adanya difusi oksigen dalam logam sehingga logam membentuk sebuah lapisan protektif Cr2O3 yang melindungi baja tersebut dari korosi. Keberadaan element dalam logam tersebut yang ternyata membuat penambahan berat itu terjadi.

Demikianlah yang sedikit ilmu yang mungkin kurang tepat dalam penyampaiinnya, semoga dapat dimanfaatkan sebagai sebuah literatur yang dapat membantu. Oiya logam yang saya gunakan adalah Baja AISI 4130 yang merupakan baja paduan rendah.

Komentar