News

Motor Elektrik Lansiran Terbaru Dari Yamaha

By

on

Para pecinta otomotif di Indonesia khususnya yamaha pada dua tahun yang akan akan segera di manjakan oleh hadirnya dua varian motor baru keluaran pabrikan berlambang garputala itu. Motor yang mengusung sistem elektrik itu diberi julukan PES1 dan PED1 yang ditargetkan akan diluncurkan pada 2016 nanti.

Pihak yamaha sendiri mengumumkan perubahan konsep PES1 dan PED1 yang akan menjadi versi produksi dalam dua tahun kedepan. Dua varian motor elektrik ini pertama kali ditampilkan pada ajang Tokyo motor show pada November 2013 silam dan mendapat sambutan yang sangat baik di kalangan penikmat dan pecinta otomotif khususnya roda dua.

Seiring dengan perkembangan motor listrik yang semakin pesat, pihak yamaha sendiri nampaknya sangat serius dalam penggarapan dua varian motor elektriknya ini, Hal ini terungkap dari kabar terungkapnya laporan tahunan pabrikan berlambang garputala asal Jepang ini.

Dalam laporan tersebut, pada segmen sportnya disebutkan bahwa pihak yamaha memang sedang menciptakan kendaraan lektrik dengan nilai baru, yang rencananya akan diluncurkan kepasaran sekitar dua tahun lagi. Itu artinya PES1 dan PED1 akan diproduksi secara masal pada tahun 2016 mendatang.

PES1 adalah motor yang mengusung konsep streetbike, sedangkan PED1 adalah motor yang mengusung konsep trail atau dirtbike. sesuai dengan konsepnya PES1 adalah singkatan dari “passion, electric, street” sedangkan PED1 adalah singkatan dari “Passion, Electric, Dirt”.

Masing- masing motor ini dibekali oleh baterai lithium ion yang berfungsi sebagai penggerak motor listrik DC. Sumber energi mesin ini diberi nama “yamaha smart power module”, yang ditempatkan dibawah rangka monokok.

Inovasi lainnya yang ada pada motor ini terletak pada transmisi jenis baru yang bisa dipindah dari transimisi manual ke otomatis. Berikut ini spesifikasi dari dua varian motor listrik lansiran yahamaha tersebut :

PES1

Dimensi (PXLXT) = 1.918 mm x 640 mm x 1.000 mm
Tipe Motor = DC Brushless
Tipe Baterai = Lithium-ion
Transmisi = manual/otomatis
Berat = dibawah 100 kg

PED1

Dimensi (PXLXT) = 1.900 mm x 758 mm x 1.205 mm
Tipe Motor = DC Brushless
Tipe Baterai = Lithium-ion
Transmisi = manual/otomatis
Berat = dibawah 85 kg

Jadi untuk pecinta otomotif khususnya roda dua di tanah air yang menyukai streetbike atau dirtbike, dua jenis motor elektrik lansiran yamaha ini sangat patut untuk di coba, dan di tunggu kedaangannya pada 2016 mendatang.

Incoming search terms:

Komentar