kesehatan

Menjaga Kesehatan Dengan Disiplin Kesehatan

on

Berbagai macam penyakit saat ini sangat mudah muncul di dalam tubuh seseorang.  Hal tersebut bisa saja terjadi karena faktor dalam dan faktor luar.  Faktor dalam merupakan hal yang terjadi karena gaya hidup, kondisi fisik dan sakit keturunan yang di derita seseorang.  Gaya hidup merupakan salah satu penyebab banyaknya muncul berbagai macam penyakit di tubuh seseorang karena gaya hidup adalah sebuah pola yang akan terbentuk dan membentuk kondisi fisik maupun mental seseorang.
Bisa di ambil contoh seorang pelajar yang membutuhkan banyak waktu untuk belajar demi menempuh kesuksesan dalam akademik, maka sang pelajar akan melakukan banyak membaca dan membutuhkan fokus yang tinggi.  Saat melakukan membaca tanpa memperhatikan kondisi fisik seperti membaca yang terlalu lama atau membaca dalam tempat yang gelap maka akan membuat otot dan syaraf mata menjadi lelah sehingga memicu terjadinya mata minus dan rabun.
Baru satu hal yang berkaitan dengan faktor dalam seseorang sudah dapat diketahui bahwa gaya hidup sangan menentukan kesehatan seseorang.  Selain itu faktor luar merupakan penyebab yang bisa membuat kesehatan seseorang menurut seperti, iklim, musim dan pandemi yang terjadi di lingkungan dimana seseorang tinggal.  
Contoh faktor luar yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia adalah iklim.  Iklim menjadi tantangan berat bagi tubuh untuk menahan berbagai macam perubahan lingkungan seperti suhu maupun kelembaban udara yang terjadi.  Musim panas misalnya, pastinya kondisi fisik akan mudah lelah karena suhu udara yang tinggi sehingga menyebabkan seseorang lebih banyak kehilangan cairan dan membutuhkan banyak minum yang akan membuat tubuh manusia justru biasanya akan mudah pilek atau flu.  Sebenarnya flu yang terjdi bisa saja dipicu karena kuman yang lebih mudah terbang bersama debu-debu karena musim panas identik dengan musim kekurangan air.
Untuk mengatasi dan berupaya mencegak penyakit muncul terlalu mudah di tubuh kita maka perlu dibuat dan diambil langkah disiplin kesehatan yang tepat.  Disiplin kesehatan merupakan salah satu cara tepat menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan penyakit mudah bersarang ditubuh seseorang.  Hal-hal yang berkaitan dengan kedisiplinan yang harus di terapkan seperti olahraga teratur dan makan teratur. 
Olahraga teratur akan membuat gaya hidup seseorang menjadi lebih baik karena dengan teratur maka kondisi seseorang akan tetap berada pada kondisi yang tetap sehat.  Namun biasanya banyak yang mengeluh setelah melakukan olahraga malah bisa menjadi sakit, hal ini merupakan salah satu dampak dari olahraga yang tidak teratur sehingga membuat beberapa organ maupun otot dan sendi tidak biasa mendapatkan gerakan yang melelahkan sehingga justru membuat seseorang kaget dan sakit.  Efek samping olahraga yang tidak teratur seperti nyeri sendi, kram otot, pusing dan mual.  Olahraga kecil yang bisa menjaga kesehatan dan mudah dilakukan antara lain sebagai berikut :
1.  Jalan Kaki atau Jogging

Olahraga kaki yang mudah dilakukan adalah jalan kaki atau jogging.  Jalan kaki 30 menit atau apabila terlalu lama maka dapat dilakukan secukupnya misalnya 15 menit juga baik, namun apabila dilakukan secara rutin maka akan berdampak baik pada tubuh.  Jalan kaki atau jogging saat ini juga sudah dapat dilakukan di rumah dengan bantuan alat tradmil.  Jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan olahraga kecil seperti ini.
2.  Peregangan

Peregangan otot dan sendi-sendi setiap pagi secara rutin sebelum beraktivitas juga merupakan langkah kecil yang dapat memberi dampak besar terhadap kesehatan tubuh.  Dengan dilakukannya peregangan otot dan sendi maka saat berkativitas maka tubuh akan lebih kuat dalam menerima beban.

3.  Push Up

Push up dengan benar sebanyak 30-50 kali juga akan memberikan efek baik pada kebugaran tubuh sehingga akan membuat segala aktivitas serasa ringan dilakukan, dengan catatan rutin dilakukan.
Tiga hal di atas sepertinya cukup untuk memberikan manfaat yang baik bagi kebugaran tubuh untuk menjaga serangan penyakit dan menjaga kesehatan.  Semoga bermanfaat dan dapat memberikan solusi hidup sehat dengan disiplin kesehatan. 

Komentar