Tips

Mengurangi Rasa Ngantuk Saat Berkendara Itu Mudah

on

Rutinitas merupakan sebuah aktivitas yang memberi dampak lelah terhadap tubuh, karena beberapa alasan sering kali kelelahan juga menjadikan faktor utama kesehatan seseorang menurun.  Hal tersebut bisa saja di sebabkan karena memang sudah terlalu berat seseorang melakukan pekerjaan fisik atau pekerjaan yang berurusan dengan fikiran/mental.  Hal ini menyebabkan kondisi dan stamina seserang sering menurut saat beraktivitas maupun setelah berkativitas.
Kelelahan seringkali ditandai dengan gejala-gejala umum yang sering terjadi seperti mata merah, muka pucat, sering menguap, mudah ngantuk dan lain sebagainya.  Tanda-tanda tersebut merupakan indikasi yang paling mudah dipahami apabila seseorang mengalami kelelahan.  Namun hal tersebut sering diabaikan oleh seseorang karena memang tuntutan tanggung jawab, baik tanggung jawab pekerjaan maupun tanggung jawab sosial dan lainnya.
Sebagian para pekerja di Indonesia banyak menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil untuk fasilitas pulang pergi ke kantor.  Oleh karena itu sering sekali saat sepulang kerja, berkendara dengan kendraan bermotor sering menyebabkan ngantuk.  Oleh karena itu dibutuhkan cara untuk mengurangi maupun mencegah rasa ngantuk saat berkendara.

Untuk mengurangi rasa ngantuk saat berkendara, anda dapat melakukan hal-hal tertentu agar rasa ngantuk dapat dicegah saat berkendara.  Hal-hal yang perlu dilakukan tersebut bisa saja dilakukan sebelum maupun saat berkendara.
Mengurangi rasa ngantuk sebelum berkendara yang bisa dilakukan adalah dengan mandi terlebih dahulu sebelum berkendara, karena dengan mandi maka kondisi tubuh yang letih dapat menjadi segar kembali.  Melakukan rileksasi dengan istirahat sejenak seperti tidur selama 15 menit sebelum berkendara juga akan sangat mengurangi rasa ngantuk saat berkendara di jalanan setelah bekerja.
Sedangkan untuk mengurangi rasa ngantuk saat berkendara banyak sekali yang bisa dilakukan.  Karena biasanya rasa ngantuk saat berkendara terjadi bukan karena hanya setelah pulang kantor atau kerja, namun bisa saja terjadi karena memang pikiran sedang jenuh akibat terlalu lama mengemudi atau sedang memiliki gangguan perasaan (galau).  Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencegah rasa ngantuk muncul saat berkendara antara lain sebagai berikut :
1. Minum Kopi
Kopi mengandung kafein yang akan memacu kinerja jantung sehingga akan membuat seseorang tidak merasa ngantuk atau lebih betah terjaga.
2. Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik bertempo cepat saat berkendara merupakan salah satu cara alternativ juga hal diatas sudah dilakukan dan tetap masih merasa ngantuk, maka mendengarkan alunan musik yang cepat akan mengurangi rasa ngatuk.
3. Bernyanyi
Bernyanyi atau bersenandung dalam perjalanan memang menjadi hal yang menurut saya sangat populer untuk para pengendara, selain menghilangkan kejenuhan tentu saja hal ini menjadi solusi termudah untuk menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara.
4. Ngobrol
Mengajak teman ngobrol saat berkendara adalah solusi menghilangkan rasa ngantuk saat berkendara, karena dengan terus mengobrol baik hal-hal penting atau omong kosong juga dapat menjadi solusi.
a
5. Telefon
Jika tidak ada teman yang bisa diajak berbarengan saat pulang kerja, menelfon teman, keluarga atau pacar untuk diajak ngobrol tentu saja menjadi pilihan tepat.
Demikianlah lima hal mudah yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa ngantuk anda saat dalam perjalanan.  Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi anda.

Incoming search terms:

Komentar