Engineering

Menghitung Tekanan Maksimum

on

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba untuk membahas tekanan maksimum yang terjadi pada pipa. Dalam ilmu fisika, tekanan ialah skala besarnya fisik yang mengukur kekuatan dalam arah tegak lurus persatuan luas. Menurut Sistem Internasional (SI) tekanan yang diukur dalam satu bidang disebut dengan pascal (Pa) dan memiliki nilai yang sama dengan kekuatan total satu newton pada satu meter persegi.

Tekanan sangat bergantung terhadap gaya tekan dan luas bidang tekan, dimana semakin besar gaya tekannya maka semakin besar pula tekanan yang terjadi. Dan semakin runcing, lancip atau tipis bidang tekannya maka semakin besar pula tekanan yang timbul.

Persamaan yang sering digunakan untuk menghitung tekanan yang terjadi pada pipa yang dialiri oleh fluida (zat cair) dengan kecepatan yang berbeda – beda (tidak tetap) adalah Hukum Bernoulli. Prinsip Bernoulli adalah sebuah istilah di dalam mekanika fluida yang menyatakan bahwa pada suatu aliran fluida, peningkatan yang terjadi pada kecepatan fluidanya akan menyebabkan terjadinya penurunan tekanan pada aliran tersebut.

Prinsip ini sebenarnya sebuah penyederhanaan dari persamaan Bernoulli yang menyatakan bahwa jumlah energy pada suatu titik di suatu aliran tertutup sama besarnya dengan jumlah energy dititik lain pada jalur aliran yang sama. Prinsip ini diambil dari nama seorang ilmuwan ternama asal Belanda yang bernama Daniel Bernoulli.

Untuk lebih jelasnya, kita lihat contoh soal dibawah ini, dan perhatikan cara penyelesaiannya :

menghitung tekanan maksimum

Pipa panjang berdiameter luar 1 m dengan ketebalan 25 mm dibuat dari baja paduan (Kic = 60 MPa m1/2, = 600 MPa ). Hitung tekanan maksimum dimana criteria bocor sebelum pecah digunakan. Kriteria bocor sebelum pecah menyatakan bahwa retak menembus ketebalan (a=t) tidak akan merambat secara cepat.

Sekian dulu penjelasan dari kami mengenai cara menghitung tekanan maksimum pada pipa, semoga bisa sdikit membantu dan bermanfaat bagi rekan – rekan semua.

Incoming search terms:

Komentar