Bisnis

Mengetahui Sistem Bagi Hasil Usaha Bersama

on

Sistem bagi hasil usaha bersama sangat tergantung dari jenis usaha yang bersangkutan. Pada dasarnya yang paling penting adalah kesepakatan dari para pihak. Banyak jenis bentuk badan usaha yang dapat anda  pilih bentuk usaha yang sesuai dengan yang anda sukai dan sesuai dengan kemampuan anda. Biasanya yang menjadi permasalahan pertama adalah masalah modal.

Darimana modal didapatkan dan berapa besar yang dibutukan untuk mendirikan suatu usaha. Salah satu solusinya adalah dengan melakukan kerjasama dengan orang lain. Tentu saja dengan bekerjama dengan orang lain harus ada suatu ketentuan yang membatasi hak dan kewajiban dari masing-masing pihak, tujuannya demi kebaikan dari pihak-pihak tadi, yaitu tidak terjadi kesalahpahaman.

Anda bisa melakukan bisnis atau usaha dengan sistem bagi hasil dengan orang lain yang anda percaya atau setidaknya yang bisa anda percaya. Banyak jenis usaha yang bisa anda pilih. Unsur yang penting dalam usaha dengan sistem bagi hasil adalah modal. Modal  ini bisa berupa uang, barang, maupun tenaga. Mungkin anda memiliki modal, kemudian orang lain bisa melakukan pekerjaan (modalnya berbentuk tenaga), tentu saja modal-modal ini dapat dijadikan satu untuk membangun sebuah usaha bersama. Dengan modal yang sudah disetorkan para pihak, maka selanjutnya adalah perjanjian mengenai pembagian keuntungan.

Prinsip dasarnya bagi hasil ini adalah adil dan terbuka. Adil memiliki arti bahwa setiap pihak mendapatkan keuntungan sesuai dengan kontribusinya dalam usaha atau sesuai dengan modal yang disetorkan. Lalu terbuka artinya bahwa setiap pihak mengetahui porsinya masing-masing dan mengetahui porsi partnernya juga, karena dengan begini akan meningkatkan kinerja dan kepercayaan dari pihak-pihak dalam usaha.

Untuk usaha dengan sistem bagi hasil, tentu semua kerugian dan resiko usaha ditanggung semua pihak yang terlibat dalam usaha tersebut (dalam hal ini adalah pemilik modal / penyetor modal). Artinya jika usaha yang dijalankan mengalami rugi, maka ditanggung kedua belah pihak, atau jika usaha mendapatkan keuntungan maka harus dibagi secara rata atau proporsional sesuai dengan modal yang disetorkan. Sekian artikel tentang sistem bagi hasil pada usaha bersama. Semoga bermanfaat.

Komentar