Otomotif

Mengetahui Perbedaan Mesin Bensin dan Mesin Diesel

on

Memilih kendaraan roda empat sesuai kebutuhan dan keinginan memanglah penting. Mobil dengan mesin bensin dan mesin diesel yang umum dipakai biasanya jadi tolak ukur bagi sebagian orang yang ingin memiliki mobil. Ada baiknya anda mengetahui dulu perbedaan mesin bensin dan mesin diesel sebelum anda memilih mobil yang anda inginkan dan sesuai kebutuhan.

Sebelum jauh mengenal kedua mesin ini, ada baiknya anda mengetahui dulu jenis pembakaran yang dipakai. Kedua mesin ini memiliki jenis pembakaran yang sama yaitu jenis pembakaran dalam (internal combustion). Yang membedakan ialah proses berubahnya bahan bakar bensin maupun solar menjadi energi untuk menggerakkan mobil.

Pada mesin bensin, energi yang dihasilkan berasal dari percikan api pada busi yang terkena campuran bensin dan udara yang sebelumnya dikompresi oleh piston. Sedangkan pada mesin diesel pembakaran bukan berasal dari percikan api busi, karena pada mesin diesel tidak terdapat busi. Salah satu perbedaan mesin bensin dan mesin diesel dapat dilihat pada proses pembakarannya, proses pembakaran pada mesin diesel terjadi akibat tekanan dan suhu yang tinggi pada ruang pembakaran.

Di dalam ruang pembakaran ini di injeksikan udara yang sebelumnya dikompresi dan terdapat pula bahan bakar berupa solar. Bahan bakar ini dipompa menggunakan injektor khusus bertekanan tinggi agar bahan bakar dapat langsung masuk ke ruang pembakaran. Solar pun akan terbakar dengan sendirinya akibat suhu panas dan tekanan tinggi yang ada di dalam ruang pembakaran.

Lalu dimana lagi letak perbedaan mesin bensin dan mesin diesel, jika pada mesin bensin terdapat injeksi atau yang biasa dikenal dengan EFI (Electronic Fuel Injection)? Mesin bensin yang menggunakan injeksi pada dasarnya masih sama dengan mesin bensin biasa. Sama-sama mengandalkan percikan api untuk proses pembakarannya. Pada mesin bensin injeksi pun tidak terdapat ruang pembakaran layaknya mesin diesel pada umumnya. Namun keunggulan mesin bensin injeksi ini terdapat pada efisiensinya pembakaran yang terjadi saat proses pembakaran sehingga gas yang dihasilkan ramah lingkungan.

Mesin diesel terkenal dengan keawetannya. Dibalik keawetannya, mesin diesel memerlukan perawatan yang ekstra karena mesin diesel menggunakan bahan bakar solar yang tidak sebersih bahan bakar bensin. Namun solar pun punya keunggulan yaitu sifat solarĀ  yang tidak korosif atau membuat mesin cepat karat seperti bensin.

Mesin diesel memiliki ketahanan jarak tempuh mulai dari 322.000 km hingga 800.000 km pada kendaraan bukan komersial. Sedangkan untuk kendaraan komersial, mesin diesel memiliki ketahanan jarak tempuh hingga 800.000km bahkan lebih. Daya tahan ini pun merupakan salah satu perbedaan mesin bensin dan mesin diesel yang signifikan dan harus anda jadikan pertimbangkan sebelum anda memilih mobil sesuai kebutuhan dan keinginan anda.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar