Cara Memperbaiki Mesin

Mengetahui Cara Memperbaiki Komponen Mesin Mobil Yang Sering Bermasalah Itu Penting

on

Memiliki mobil memberikan sang pemilik tanggung jawab untuk merawatnya. Perawatan yang dilakukan secara rutin akan mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan mesin mobil. Selain itu, bagi para pemilik mobil, setidaknya Anda mengetahui tentang beberapa cara memperbaiki komponen mesin mobil yang sering bermasalah.

Sehingga, jika suatu saat mobil Anda mogok dan tidak mau jalan, Anda bisa memeriksa mesinnya dan mencari tahu sumber masalahnya sebelum Anda memanggil montir untuk memperbaikinya. Hal ini berguna, jika memang hanya ada kerusakan kecil dan Anda bisa menanganinya, itu akan sangat membantu menghemat biaya perbaikan. Terdengar menyenangkan bukan? Maka, mari lihat beberapa cara di bawah ini yang mungkin bisa Anda lakukan saat mobil bermasalah.

Mengetahui Cara Memperbaiki Komponen Mesin Mobil Yang Sering Bermasalah Itu Penting

Injektor atau sistem injeksi adalah salah satu komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Komponen yang berfungsi untuk membawa aliran bahan bakar menuju silinder mesin ini biasanya bermasalah saat dalam keadaan tersumbat atau kotor. Jika mesin mobil tiba-tiba menimbulkan getaran kasar dan ketika Anda mencoba menginjak gas lebih dalam getaran hilang, maka ini bisa menjadi indikasi bahwa sistem injeksi dalam keadaan bermasalah.

Injector atau injeksi mobil lengkap dengan bagian-bagiannya

Injector atau injeksi mobil lengkap dengan bagian-bagiannya

Cara yang harus dilakukan tentu saja membersihkannya. Namun, sebelum membawanya ke bengkel untuk proses pembersihan, coba dulu untuk memasukkan gigi dalam posisi netral. Jika saat Anda menginjak gas seperti mau ngebut mesin menghasilkan getaran kasar, itu berarti memang injector mobil Anda dalam keadaan tersumbat. Mengetahui cara memperbaiki komponen mesin mobil yang sering bermasalah seperti ini sangatlah diperlukan.

Kemudian, ada koil, sebuah komponen mesin mobil yang berfungsi untuk menggandakan tegangan dan menyalurkannya ke busi lewat distributor. Ketika koil muali bermasalah, mesin akan tersendat saat pedal gas mulai diinjak pada kondisi stasioner.

Koil mobil dan bagian komponen koil lengkap

Cara yang dapat dilakukan adalah mendekatkan kabel negatif yang ada di kanan atau kiri koil ke ground. Lalu, copotlah ujung kabel pada sistributor dan tempelkan juga ke ground. Nyalakan mesin sambil memeriksa kabel negatif. Jika timbul percikan api berwarna merah, maka Anda perlu mengganti koil yang lama dengan yang baru.

Hal tersebut untuk mencegah mogoknya mobil di kemudian hari. Kemudian masih ada satu lagi cara memperbaiki komponen mesin mobil yang sering bermasalah yang perlu Anda ketahui.

Komponen berikut ini juga termasuk yang sering membuat mesin mobil bermasalah. Komponen ini adalah busi. Kepala busi yang berubah warna dan bentuk bisa dijadikan indikasi bahwa busi dalam keadaan bermasalah atau rusak. Selain itu, kabel busi juga tidak kalah penting peranannya dalam mesin mobil.

Cara mudah membersihkan busi dengan tepat

Cara mudah membersihkan busi dengan tepat

Jadi, jika kabel busi bermasalah juga seperti terjadi kebocoran, Anda harus segera memperbaiki dan menggantinya. Percikan api yang timbul akan menyebabkan kebakaran. Itulah beberapa cara memperbaiki komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Semoga bisa membantu ketika mobil Anda bermasalah.

Incoming search terms:

Komentar