Engineering

Mengenal Sistem Pengapian Motor Injeksi Pada Saat Mogok

on

Pernah merasakan motor mogok? Sistem pengapian motor injeksi anda tak berjalan dengan baik? Atau masalah lainnya yang terjadi pada motor anda? Itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu tentang mengenal sistem pengapian motor injeksi pada saat mogok. Permasalahan yang cukup rumit sebenarnya, saat kita hendak bepergian atau menuju tempat kerja tiba – tiba motor injeksi kita mogok ditengah jalan.

Dan setelah banyak cara yang kita lakukan seperti mendorong motor, menekan tombol starter berkali – kali, sampai menyelah ( menginjak kick starter) berulang – ulang tetap tidak membuahkan hasil. Maka dari itu kita harus mengenal sistem pengapian motor injeksi kita. Pertama – tama yang harus kita ketahui ada tiga unsur yang harus dipenuhi untuk motor bisa menyala, yaitu adanya bahan bakar, adanya sistem pengapian, dan adanya kompresi pada mesin.

Pada dasarnya motor sistem injeksi motor itu tidak jauh beda dengan motor tipe carburator, hanya saja ketika mengalami mogok, motor dengan sistem injeksi akan lebih kompleks pada sistem kelistrikannya karena banyak sensor yang terpasang. Sementara untuk analisa kerusakan motor injeksi lebih mudah dideteksi karena motor dengan sistem pengapian injeksi sudah dilengkapi dengan MIL (Malfunction Indikator Light) sebagai penanda kerusakan.

Pada sepeda motor dengan sistem PGM FI, mogok bisa dikategorikan menjadi dua, yaitu mogok dengan kedipan MIL dan mogok tanpa kedipan MIL. Mogok dengan kedipan MIL akan lebih mudah diketahui, tinggal catat berapa kali kedipan MIL kemudian cek soket komponen tersebut terhadap kontak apakah kendur atau tidak.

Jika kendur segera kencangkan. Kemudian mogok tanpa kedipan MIL. Ini akan sedikit rumit karena MIL tidak memberitahukan tentang kerusakan mesin. Jika ini terjadi apa yang harus kita lakukan? Ada beberapa langkah yang harus dilakukan diantaranya adalah periksa kondisi aki dan fuse (sekering), periksa input daya atau massa pada ECM, sampai periksa sistem pengapian. Jika itu semua sudah dilakukan dan tidak ada perubahan maka segeralah bawa ke bengkel terdekat.

Demikian sedikit tentang mengenal sistem pengapian motor injeksi pada saat mogok. Yang sering terjadi pada saat dalam perjalanan ataupun saat dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Semoga dengan hadirnya artikel ini bisa membantu anda sekalian dalam mengatasi masalah mogok pada motor dengan pengapian sistem injeksi. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Komentar