Engineering

Mengenal Jenis-jenis Turbin dan Cara Membuatnya

on

Jenis-jenis turbin pada umumnya ada 4 jenis. Jenis turbin sesuai jenis fluida yang digunakan.  Jenis –jenis tersebut antara lain turbin air, turbin uap, turbin angin, dan turbin gas. berikut penjelasan tentang jenis-jenis turbin. Turbin air menggunakan energi air untuk menggerakan turbin. Kinerja dari turbin ini yaitu aliran air yang mengalir mempunyai energi potensial yang berubah menjadi energi kinetic saat menggerakkan roda turbin. Setelah itu berubah menjadi energi mekanik yang di arahkan ke generator.

Turbin uap menggunakan uap sebagai energi untuk menggerakan turbin. Uap dihasilkan oleh proses pembakaran minyak, batu bara atau nuklir. Uap yang dihasilkan pembakaran tersebut dialirkan ke turbin dan generator. Pisau yang digerakkan akan berputar dan akan berinteraksi pada mesin motor yang terpasang pada turbin dan mengubahnya menjadi energi. Turbin ini merupakan jenis turbin yang pertama kali dibuat. Selanjutnya turbin angin, turbin ini menggunakan energi yang dihasilkan oleh angin sebagai sumber energi turbin. Sedangkan turbin gas menggunakan gas yang memiliki tekanan tinggi sebagai sumber energi. 

Turbin merupakan alternatif penghasil listrik yang ramah terhadap lingkungan. Jika dibandingkan dengan listrik yang dihasilkan oleh PLN listrik ini bisa digunakan terus menerus tanpa takut kehabisan bahan bakunya. dengan penggunaan turbin sama saja kita mendukung penyelamatan dunia dari krisis listrik.

Jika membeli turbin di pasaran, harganya akan sangat mahal. Maka dari itu kita harus bisa mensiasatinya dengan membuat turbin sederhana. Paling tidak hasil dari turbin tersebut dapat memenuhi kebutuhan listrik di rumah. Pembuatan turbin tersebut dapat menggunakan alat-alat yang ada di sekitar kita. Contohnya, pembuatan turbin angin dengan menggunakan baling-baling buatan sendiri dengan menggunakan limbah. limbah tersebut dapat berupa botol mineral dan starter mobil. Pasangkan  baling-baling tersebut dengan starter mobil. 

Baling-baling akan bergerak jika tertiup angin dan energi yang dihasilkan akan dialirkan ke starter mobil. Sistem pada pembuatan turbin ini sama dengan sistem turbin pada umumnya. Hasil dari turbin sederhana ini memang tidak terlalu besar karena bahan yang digunakan kapasitasnya tidak terlalu besar. Cara yang mudah , aman dan ramah lingkungan ini sangat bagus digunakan.

Incoming search terms:

Komentar