Bacan

Mengenal Jenis Batu Akik Bacan Kristal

By

on

Batu akik bacan kristal terjadi ketika umur batu sudah semakin tua. Keunikan dari batu Bacan sendiri adalah dapat bermetamorfosis dengan berubah warna. Kemampuan unik inilah yang membuat batu Bacan disebut-sebut sebagai batu yang memiliki “nyawa”.
Perubahan warna menjadi kristal ini sebenarnya bukanlah proses yang mistis, batu jenis ini memiliki serat batu atau inklusi yang padat dan banyak yang secara perlahan-lahan dapat berubah menjadi kristal-kristal yang semakin menawan.
Kedua jenis batu akik ini, adalah batu Bacan Doko, dan Bacan Palamea. Keduanya sama-sama dapat berubah warna menjadi kristal yang mengkilat dan akan menambah keindahan batu kecubung.
Bacan Doko memiliki ciri khas dengan warnanya yang hijau tua dan hijau bening. Warna hijau pada Bacan Doko kadang lebih gelap, sehingga banyak orang yang menyebutnya dengan Bacan Doko Cincau. Warna yang gelap ini apabila disenter akan memperlihatkan sisi hijau cerah yang amat diminati oleh para pecinta batu akik.
Batu Bacan jenis ini lebih cepat berubah warna apabila dibandingkan dengan batu Palamea. Proses perubahan warna batu Bacan Doko hanya sekitar 4 sampai 5 bulan. Warna yang tadinya gelap akan menjadi semakin cerah seperti titik-titik kristal semakin cerah warna hijau batu Bacan Doko, maka harganya pun menjadi semakin mahal.
Bacan Palamea memiliki ciri khas batu mulia dengan warna hijau kebiruan. Janis batu Bacan ini ditemukan di desa Palamea yang kemudian digunakan sebagai nama batu jenis batu Bacan. Proses kristalisasi batu bacan dari gelap menjadi bening akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan Bacan Doko.
Konon, khasiat batu bacan adalah untuk mendukung kesehatan jiwa, mengatasi kelelahan jiwa si pemakai, meningkatkan daya pikir, melindungi diri dari marabahaya, memperkuat kinerja organ jantung, dan membuat tubuh selalu energik. Khasiat tersebut sampai saat ini masih menjadi mitos yang kebenarannya tidak bisa dijelaskan secara gamblang oleh siapa pun. Jadi, berkaitan dengan khasiat batu Bacan ini, anda boleh percaya juga boleh tidak percaya.

Komentar