Anestesi

Mengenal Ilmu Kesehatan – Pengertian Anestesi Secara Umum

on

Bagi anda yang ingin mengerti lebih jauh tentang dunia kesehatan, maka anda harus rajin membaca buku yang membahas tentang ilmu tersebut. Hal yang sering dibahas dalam ilmu kesehatan adalah anestesi, tahukah anda tentang anestesi? Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pengertian anestesi secara umum. Mungkin anda yang tidak belajar mengenai ilmu kesehatan bertanya tentang apa itu Anestesi, tapi jika anda mendengar kata pembiusan, maka anda akan sangat mengenalnya. Secara umum, anestesi adalah pembiusan atau kemampuan tidak merasa atau mematikan indra perasa. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit pada saat melakukan operasi atau pembedahan, namun hanya bersifat sementara.  

Bila kita berbicara mengenai pengertian anestesi secara umum, maka kita perlu mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Anestesi menggunakan zat yang dinamakan eter, zat ini ditemukan oleh ahli kimia asal Spanyol, Raymundus Lullius pada tahun 1275. Awalnya penggunaan zat eleter digunakan untuk mabuk –mabukan karena efeknya yang mampu membuat orang hilang kesadaran dan lupa segalanya. Sedangkan untuk penggunaan zat eter atau nitrogen oksida dalam dunia kedokteran dimulai pada tahun 1844. Kemudian eter dikembangkan lagi oleh Morton dan pada tahun 1846 dia berhasil membuat anestesi besar-besaran dalam dunia kedokteran da menjadi revolusi dalam dunia kesehatan. Hingga saat ini eter telah dikenal sebagai anestesi.


Dalam pengertian anestesi secara umum, anestesi memiliki dua tipe, yaitu anestesi lokal dan total. Anestesi lokal akan terjadi pada daerah tertentu yang akan dilakukan pembedahan. Sedangkan anestesi total hilangnya kesadaran seseorang dalam jangka waktu tertentu dan tidak dapat merasakan sakit. Dalam melakukan anestesi, seorang dokter juga harus terus memantau jalannya nafas, kerja otak dan peredaran darah pasien. Untuk melakukan anestesi, ada beberapa penggunaan obat yang lazim diberikan, berupa hirup, lewat mulut dan suntik yang bertujuan untuk menidurkan, menenangkan dan menghilangkan rasa sakit sementara. Jenis obat yang lazim digunakan untuk melakukan bius adalah neurosteroid, remifentanil, alfentanil, sufentanil dan banyak lagi.

Incoming search terms:

Komentar