Mobil

Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter Dengan Aki Pancingan

on

Mobil yang bermasalah sangat mengganggu dan menghambat aktifitas kita sehari hari. Tapi bukan berarti tak ada solusi untuk memecahkan masalah yang terjadi pada mobil kita. Permasalahan seperti aki ngadat, mobil tidak bisa distarter dan performa mobil yang menurun sering kita jumpai sehari hari. 
Berikut adalah tips mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter dengan pengecekan aki dan metode aki pancingan. Mobil mogok bisa disebabkan karena beberapa hal seperti, bahan bakar habis dan kelistrikan mobil yang bermasalah. Jika mobil saat distarter tidak mau nyala maka kemungkinan kelistrikannya bermasalah atau karena mobil terlalu lama tidak dipanaskan setiap pagi. Untuk mengatasinya anda dapat melakukan beberapa hal berikut.

Mengatasi Mobil Mogok Tidak Bisa Distarter Dengan Aki Pancingan

Hal pertama yang harus anda lakukan untuk mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter adalah dengan mengecek kelistrikan pada mobil. Buka cap mesin mobil anda dan perhatikan aki mobil. Cobalah untuk memeriksa apakah air aki masih ada atau sudah kering. Jika sudah kering anda harus mengisinya lagi dengan yang baru.

Setelah itu cek platina yang menghubungkan kabel mobil dengan aki, jika besi platina dirasa sudah rusak maka gantilah dengan besi platina yang baru. Setelah itu coba hidupkan kembali mesin mobil dengan menstarter ulang. Pengecekan aki secara berkala sangat penting dilakukan untuk menghindari masalah mogok pada mobil.

Hal kedua yang dapat menjadi alternatif solusi untuk mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter adalah dengan menggunakan aki pancingan. Aki pancingan merupakan istilah yang lumrah digunakan oleh montir montir mobil. Aki pancingan adalah aki mobil yang digunakan untuk menyetrum aki mobil yang bermasalah agar dapat mengalirkan listrik dengan normal kembali. Caranya adalah dengan mengganti aki yang tidak bisa menyala dengan aki yang normal, kemudian aki yang normal mengalirkan aliran listrik ke aki yang bermasalah lewat kabel penghubung. Proses ini dilakukan agar aki yang bermasalah karena kurangnya daya listrik dapat terisi kembali seperti aki yang normal. Selain itu, proses ini juga dapat menyalakan mesin sehingga mobil bisa dipanaskan dan mesin dapat kembali berjalan secara normal.
Metode aki pancingan ini sangat efektif untuk dilakukan saat mobil bermasalah karena tidak bisa distarter. Oleh karena itu bagi anda yang akan melakukan perjalanan jauh keluar kota, membawa aki normal cadangan dan kabel penghubung dapat menjadi alternatif solusi jika sewaktu waktu mengalami masalah seperti ini dijalan.
Cara cara tadi sangatlah mudah untuk kita lakukan di rumah terutama saat mobil bermasalah karena tidak bisa distarter. Selain dapat menghemat biaya, cara ini tergolong efektif dan mudah untuk dilakukan. Pengecekan aki dan metode aki pancingan merupakan salah satu cara untuk mengatasi mobil mogok tidak bisa distarter.  

Incoming search terms:

Komentar