Engineering

Memahami Pengertian Dan Jenis-Jenis Relay

on

Pengertian dan jenis-jenis relay. Pernahkah anda memperhatikan ketika anda sedang menyalakan sign atau sein motor kemudian ada bunyi tik tik tik tik dan bagaimana bisa pompa air menyala sendiri ketika kran air dibuka? Itu semua adalah salah satu dari sekian banyak penerapan relay dalam kehidupan kita sehari-hari. 
Relay adalah salah satu komponen elektronik yang prinsip kerjanya menggunakan prinsip induksi medan elektromagnetik. Jika sebuah penghantar listrik dialiri arus listrik maka disekitar penghantar tersebut akan timbul medan magnet yang kemudian medan magnet tersebut diinduksikan atau ditularkan ke logam yang memiliki sifat ferromagnetik. 
Apakah logam feromagnetis itu, logam yang mengandung sifat ini adalah logam yang mudah terinduksi medan magnet sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai magnet buatan, namun medan magnet logam ini juga akan hilang jika arus listrik diputus.

Secara umum prinsip kerjanya kontaktor pada relay akan terbuka atau tertutup karena efek elektromagnetik yang dihasilkan oleh logam ferromagnetic ketika dialiri listrik. Besar kecil ukuran fisik sebuah relay biasanya berkaitan juga dengan kemampuan relay tersebut dalam menangani kapasitas arus yang melewati relay tersebut lewat contact-point relay. 
Jika kapasitas arus yang melewati relay melebihi kapasitas relay maka contact point akan menjadi panas sehingga kemampuan contact point dalam menyalurkan arus menjadi menurun maka efeknya arus listrik akan terganggu bahkan terputus.
Ada beberapa jenis relay yang sering digunkan dalam komponen rangkaian arus listrik. Jenis pertama adalah normally on. Dalam relay jenis ini kondisi awal kontaktor tertutup kemudian akan terbuka jika relay aktif dengan cara memberikan arus yang sesuai dengan kapasitas. 
Jenis kedua adalah normally off, relay ini kondisi awalnya kontaktor akan terbuka dan akan tertutup jika relay dialiri listrik sesuai kumparan. Dan jenis relay terakhir adalah charge-over. Dalam relay jenis ini terdapat dua pasang terminal dengan dua kondisi yaitu normally open dan normally close. Ditemukannya relay sangat membantu kehidupan manusia. Dengan adanya alat ini maka kita bisa membuat sebuah alat dengan konsep otomatis.

Incoming search terms:

Komentar