News

Memahami Aquaponik Sebagai Intensifikasi Lahan Pertanian

on

Indonesia merupakan negara maritim dengan banyak keanekaragaman hayati yang memiliki beragam sumber daya yang sangat baik.  Terlepas dari kemaritiman negara Indonesia yang selama ini telah dipunggungi karena tidak adanya pemanfaatan yang maksimal dari segi kemaritiman banyak orang di Indonesia lebih menggantungkan asa dalam bidang pertanian lainnya seperti sawah dan kebun.
Sistem pertanian Indonesia memang sudah sangat baik dan sebagian besar dearah di Indonesia merupakan produsen hasil pertanian seperti padi dan lainnya yang memiliki kualitas baik sehingga mampu menembus syarat kualitas ekspor ke negara lain.  Indonesia juga mampu mencapai swasembada pangan sehingga hal ini juga menjadi indokator bahwa Indonesia memilki dua sumber daya penting dalam kemajuan negara ini melalu sektor pertanian yaitu sumber daya alam untuk pertanian dan sumber daya manusianya.
Barometer dari swasembada pangan indonesia kala itu merupakan acuan bahwa memang kemajuan sektor pertanian di Indonesia sudah sangat baik.  Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai macam inovasi lain yang sebaiknya segera dijalankan agar memberikan trobosan baru dalam pengembangan sektor pertanian.
Intesifikasi lahan pertanian harus sangat di tekankan agar pengelolaan lahan pertanian menjadi semakin efektif.  Salah satu cara yang saat ini semakin berkembang dalam sektor pertanian adalah aquaponik.
Aquaponik merupakan salah satu trobosan terbaru dalam bidang pertanian yang menggunakan sistem simbiosis mutualisme.  Dengan sisgtem aquaponik tidak diperlukan lahan pertanian yang cukup luas, karena dapat menggunakan pekarangan rumah yang sempit dan tidak luas. 
Pengertian aquaponik secar umum merupakan penggabungan dari dua metode yaitu metode bercocok tanaman dengan budidaya perikanan. Dengan metode aquaponik ini memanfaatkan simbiosis mutalisme antara nutrisi yang dimakan ikan kemudian menjadi pupuk bagi tanaman yang dialirkan dari media pemeliharaan ikan dan disaring melalui media tanaman. Nutrisi yang dihasilkan dari proses tanaman terhadap media tanam inilah yang akan menjadi nutrisi atau makan bagi ikan dan menyaring kotoran ikan menjadi pupuk serta menjernikan air.

Metode ini sedang marak dikembangkan karena memang memberikan kualitas yang baik terhadap tanaman dan ikan.  Nilai jual dari hasil metode ini menghasilkan tanaman organik yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi.  Tentu saja ini juga memberikan jalan bagi sektor pertanian secara tidak langsung untuk mengatasi kesulitan pupuk yang saat ini memang masih sulit dan cukup mahal.

Incoming search terms:

Komentar