kesehatan

Manfaat dan Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan

on

Kunyit dengan nama latin Curcuma longa termasuk tanaman rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan memberi warna kuning alami makanan. Tidak hanya dikenal sebagai bumbu masakan namun kunyit juga dikenal masyarakat sebagai obat tradisioal dan kecantikan. Penelitian tentang kunyit sudah banyak dilakukan di dunia, dan di dapati kunyit mempunyai senyawa aktif dengan sebutan Curcumin dan minyak atsiri.

Warna kuning dari kunyit, rasa, aroma khas, dan dapat digunakan sebagai obat tradisional ternyata berasal dari senyawa curcumin. Dari penelitian juga didapatkan bahwa kandungan curcumin dalam kunyit mampu melawan kangker namun harus digabungkan dengan obat obatan lain. Peran curcumin adalah menetralkan radikal bebas dan juga dapat menjadi antioksidan untuk mengobati radikal bebas sebagai sumber utama penyebab berkembangnya sel sel kangker.

Beberapa manfaat kunyit

Manfaat yang ada pada kunyit sangatlah banyak, beberapa contoh manfaatnya dapat mengobati amandel, radang gusi, gatal- gatal, diare, demam. berikut ini adalah resep cara mengolah kunyit agar dapat digunakan dengan dosis aman:

Berhati hati dalam konsumsi kunyit

Sebelum mengkonsumsi obat tradisional kunyit dalam jumlah banyak, ibu hamil sangat disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar terhindar Stimulasi rahim yang dapat memicu aliran darah menstruasi.


  1. Mengobati Demam
    Siapkan kunyit segar sebanyak 20gr, cuci dengan air bersih. Setelah itu parut kunyit, dan masukkan air matang sebanyak 100ml, Kemudian di saring dengan menggunakan kain. kunyit sudah siap unutuk mengobati demam, sebaiknya konsumsi secara teratur 2 kali sehari hingga demam turun.
  2. Mengobati Amandel
    Dibutuhkan sedikit kunyit yang telah di bersihkan dan di haluskan, lalu aduk kunyit yang telah dihaluskan dengan menambahkan beberapa sendok air matang kemudian saring dan ambil airnya saja. air perasan tersebut siap di gunakan untuk obat setelah dicampur kuning sebutir telur ayam kampung dan beberapa sendok air kapur sirih. konsumsi secara teratur 1 kali setiap hari sampai amandel hilang.
  3. Mengobati Diare
    Rebuslah beberapa saat parutan kunyit dengan sedikit air. Masukkan 1 sendok kapur sirih, tunggulah hingga rata kemudian dingnkan rebusan air kunyit untuk disaring. Air saringannya inilah yang dikonsumsi agar dapat menyembuhkan diare.Dengan mengkonsumsi 3 kali setiap hari  secara teratur dapat mempercepat penyembuhan.
  4. Mengobati Korengan atau Borok
    Haluskan sedikit kunyit, lalu tambahkan air perasan jeruk nipis dan 1 sendok air kapur sirih. Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu sudah siap untuk mengobati korengan. Pengunaannya dengan cara mengoleskan pada bagian tubuh yang korengan, teratur mengobati akan mempercepat penyembuhan.
  5. Mengobati Gatal-gatal
    Kunyit seukuran jempol di blender hingga hancur dengan mencampurakan beberapa lembar daun asam segar. kemudian obat sudah siap digunakan, oleskan pada daerah yang mengalami gatal gatal.

Memang kunyit mempunyai banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan manusia, tetapi penggunaan yang berlebihan bukan menyembuhkan penyakit namun dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang tentunya tidak ingin anda rasakan.


Kunyit diketahui dapar memicu pendarahan, jadi harus disesuaikan dosis untuk mengkonsumsinya, kemudian kunyit sukar diserap tubuh, dan disarankan untuk tidak mengkonsumsi kunyit pada saat menjalani kemoterapi karena dapat mengurangi efek dari kemoterapi.

Incoming search terms:

Komentar