kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Kembang Teleng Untuk Menjernihkan Mata

By

on

Bunga atau kembang teleng dengan nama latin Clitoria ternatea merupakan salah satu jenis tanaman merambat yang dapat dengan mudah di temukan di pinggir hutan atau pekarangan rumah, namun di daerah perkotaan tanaman ini sudah sangat sulit ditemui.

Tumbuhan berjenis polong-polongan ini bersasal dari daerah asia yang mempunyai iklim tropis khatulistiwa, tetapi sudah diperkenalkan ke negara Afrika, Amerika dan Australia.

Biasanya bunga teleng digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki kembang dengan warna biru yang sangat indah. Daun berbentuk bulat panjang, hidup di tempat lembab, dan bunga dengan ukuran lebar 3 cm panjang 4 cm. Ada juga varietas yang menghasilkan bunga berwarna putih.

Namun tahukah anda jika tanaman bunga teleng dapat dijadikan obat herbal? Dalam pengobatan tradisional telah digunakan selama berabad abad untuk menambah nootropic, memori, anxiolytic, antistress, antidepresan, penenang, dan antikonvulsan.

inilah beberapa manfaat dari bunga telang bagi kesehatan:

  1. Dapat menyembuhkan sakit mata merah dan menjernihkan mata
    Siapkan beberapa bunga teleng yang berwarna biru terang dan sudah di cuci bersih, kemudian rendam bunga tadi di dalam wadah selama satu malam hingga air rendaman menjadi biru. Gunakan air tersebut untuk mencuci mata.
  2. Mampu mengobati bisul
    Tumbuk halus beberapa helai kembang telang, kemudian di tambahkan sedikit gula jawa atau gula merah. Hasul Tumbukan dioleskan pada bisul.
  3. Bisa mengurangi demam
    Rebuslah 0,3 gram akar dari kembang telang yang sudah dikeringkan ditambahkan 4 gelas air putih hingga menjadi 2 gelas. Dinginkan lalu saring rebusan, minum 1 gelas rebusan 2 kali sehari sampai demam turun.
    Meredakan sakit telinga
  4. Cuci bersih beberapa kembang teleng, haluskan dan ambil perasannya, kemudian tambahkan sedikit garam. Oleskan pada daerah sekitar telinga yang sakit saat masih hangat.

Incoming search terms:

Komentar