kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Daun Binahong Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

By

on

wartasaranamedia.com – Ada yang sudah tahu daun binahong ? mungkin belum banyak masyarakat di Indonesia yang mengetahui khasiat dan manfaat yang terdapat pada daun ini. Jenis daun ini sudah lama digunakan sebagai obat herbal oleh masyarakat Cina dan Korea.

Daun binahong memiliki nama latin Bassela rubra linn dan masih termasuk dalam keluarga Basellacae. Dalam bahasa inggris orang menyebutnya Heartleaf maderavine madevine, sedangakan di cina daun ini dinamai Deng san chi.

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang merambat sehingga bentuknya seperti tanaman hias yang bias ditanam dalam pot, halaman pekarangan maupun kebun. Belum jelas kapan tepatnya daun ini masuk ke Indonesia, namun saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai menanam binahong sebagai tanaman hias maupun obat.

Tidak hanya daun binahong saja yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk segala penyakit, bagian batang dan umbinya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan obat herbal.

Kandungan yang terdapat pada daun ini juga cukup banyak diantaranya adalah antioksidan, asam arkobat, total fenol, protein tinggi, dan lain-lain. Karena kandungan yang sangat banyak inilah yang menjadikan daun binahong memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berikut ini adalah beberapa manfaat, cara membuat dan menggunakan daun binahong Untuk mengobati berbagai penyakit baik ringan maupun berat :

  1. Batuk / muntah darah
    Caranya siapkan 10 lembar daun binahong, lalu direbus dengan menggunakan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas air saja. Air sisa rebusannya diminum setiap hari.
  2. Sesak nafas
    Siapkan 7 lembar daun binahong dan 2 gelas air bersih, kemudian rebus daun binahong dengan gelas air tadi sampai tersisa 1 gelas air. Air sisa rebusannya dminum 4 kali sehari.
  3. Kencing manis
    Siapkan daun binahong 11 lembar dengan 3 gelas air, direbus hingga tersisa 2 gelas air saja. Kemudian airnya diminum 1 kali sehari
  4. Radang ginjal
    Siapkan 7 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Kemudian airnya diminum setiap hari.
  5. Gegar otak
    Siapkan 10 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum 1 kali setiap hari.
  6. Usus bengkak
    Siapkan 3 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum 1 kali setiap hari.
  7. Gusi berdarah
    Iapkan 4 lembar daun binahong direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Airnya diminum 1 kali setiap hari.
  8. Gatal-gatal/eksim
    Siapkan 10-15 lembar daun binahong kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Air rebusannya diminum 1 kali sehari.
  9. Disentri
    Siapkan 10 lembar daun binahong direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Air rebusannya diminum 1 kali setiap hari.
  10. Menjaga stamina tubuh
    Siapkan 1 lembar daun binahong rebus menggunakan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, airnya diminum setiap hari.
  11. Luka berdarah
    Tumbuk daun binahong hingga halus, kemudian oleskan pada bagian tubuh yang luka secara merata. Lakukan secara berulang apabila luka belum hilang.
  12. Mengobati jerawat
    Ambil 5 lembar daun binahong atau lebih lalu tumbuk hingga halus, kemudian oleskan pada wajah secara teratur.jika hasil ingin lebih maksimal ambil 5-6 lembar daun binahong kemudian direbus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, tambahkan madu agar terasa lebih enak.

Selain beberapa manfaat diatas ternyata tumbuhan ini memiliki khasiat pada umbinya, caranya ambil umbi (rhizome) secukupnya kemudian dicuci sampai bersih kemudian direbus. Setelah dingin disaring dan air hasil saringannya siminum 2-3 kali sehari, ini berkhasiat untuk menyembuhkan luka bekas operasi, maag, typus, mencegah stroke, asam urat, menghilangkan flek hitam pada wajah, dll. Sekian ulasan mengenai khasiat dan manfaat daun binahong, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar