Busi

Macam – Macam Jenis Busi dan Fungsinya

on

Ada banyak jenis busi dalam istilah permotoran sudah sangat sering kita dengar. Tetapi sampai saat ini setidaknya ada empat jenis busi yang umum diketahui. Mereka adalah busi standar, busi platinum, busi iridium, dan busi racing. Tapi seringkali kita kaum awam yang mencoba aktif di dalam dunia permotoran tidak tahu fungsi dari busi – busi tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan ini kita akan coba melihat lebih jauh terkait varian busi dan fungsinya.

Busi pada hakikatnya memiliki fungsi yang vital, karena busi berfungsi sebagai pemantik atau pemercik api didalam ruang bakar mesin yang nantinya akan membakar campuran bensin dan udara yang ada didalam mesin. Singkatnya, tanpa busi kendaraan bermotor kita sudah bisa dipastikan tidak akan menyala. Dan jika busi sudah melemah, maka harus diganti dengan busi yang baru. Karena jika tidak diganti akan berakibat lumayan fatal, yaitu kendaraan bermotor anda akan dipaksa untuk “beristirahat” karena tidak memiliki pemantik.

Jika dilihat satu per satu, masing – masing busi memiliki fungsi yang berbeda. Kita mulai dengan busi standar, busi ini merupakan busi bawaan dari pabrik. Busi ini berbahankan nikel pada ujung elektrodanya. Diameter center electrodanya sekitar 2,5 mm. Karena ini merupakan busi bawaan, maka jarak tempuh yang dimiliki oleh busi ini relatif kecil, kisaran 20 ribu km.

Busi kedua adalah busi platinum. Ujung elektroda yang dimiliki oleh busi ini berbahankan nikel juga, tapi perbedaan akan tampak pada center elektroda dan jarak tempuh. Center elektroda busi ini terbuat dari platinum dan berdiameter 0,6 mm – 0,8 mm. Jarak tampuh lebih panjang dari busi standar, yaitu 30 ribu km. Busi ini cocok untuk touring.

Kemudian ada busi iridium, sama seperti kedua busi diatas ujung elektrodanya berbahan nikel. Hanya saja center elektrodanya terbuat dari iridium. Busi ini cocok untuk kandaran bermotor dengan mesin kisaran 150 cc. Yang terakhir adalah busi racing, busi ini sangat kuat dan memang di khususkan untuk para pembalap. Jadi bisa dipastikan jangan sampai salah memilih dalam memilih busi, karena setiap busi memiliki fungsi dan jenis yang berbeda.

Incoming search terms:

Komentar