Engineering

Komponen Generator dan Bagian Utamanya

on

Beberapa bagian/komponen generator yang sangat penting dan utama terbagi atas dua komponen utama generator. Dua komponen utama dari generator ini sangat berpengaruh dalam menentukan dari berbagai jenis dan karakteristik dari generator.
Begitu pula dengan hasil kalkulasi atau perhitungan dari banyaknya tegangan yang dihasilkan yaitu dengan menghitung persamaan dari tegangan. Dua bagian atau komponen yang memiliki peran yang sangat penting di dalam generator tersebut adalah rotor, dan stator. Dimana rotor adalah bagian yang bergerak-gerak, dan stator adalah bagian yang tidak bergerak atau diam.

Rotor seperti yang disebutkan diatas adalah bagian yang bergerak-gerak. Bergerak-gerak disini dimaksudkan adalah rotor merupakan elemen yang melakukan putaran.

Pada rotor itu sendiri, memiliki kutub-kutub magnet dengan banyaknya lilitan-lilitan dimana kawatnya dialiri oleh arus yang satu arah. Dimana kutub-kutub rotor itu sendiri memiliki dua jenis rotor. Yang pertama adalah jenis rotor kutub yang memiliki kutub yang menonjol (salient), jenis rotor kutub yang menonjol ini memiliki tipe yang dapat digunakan untuk generator dengan kecepatan rendah hingga menegah.

Yang kedua adalah jenis rotor kutub tidak menonjol atau sering disebut dengan rotor silinder. Generator dengan jenis rotor kutub tidak menonjol ini dapat digunakan pada generator kecepatan yang sangat tinggi atau turbo.

Kemudian, bagian atau komponen dari generator yang kedua adalah stator. Stator adalah bagian yang tidak bergerak atau diam. Stator ini sendiri adalah merupakan elemen yang tidak bergerak atau diam dimana terdiri dari rangka stator, inti stator dan belitan jangkar (belitan-belitan stator).

Rangka stator ini terbuat dari besi tuang dan merupakan rumah dari semua bagian dari generator. Dimana bentuk dari rangka stator ini berbentuk lingkaran. Lanjut kepada inti stator. Inti stator terbuat dari bahan besi yang lunak dan disusun berlapis lapis ditempat terbentuknya fluks magnet. Lalu mengenai bagian stator yang ketiga adalah bagian belitan jangkar, atau belitan-belitan stator, belitan-belitan ini terbuat dari tembaga dimana berfungsi sebagai tempat terbentuknya gaya gerak listrik.

Incoming search terms:

Komentar