kesehatan

Khasit Dan Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh

By

on

Tanaman mengkudu atau yang sering dikenal oleh kebanyakan orang dengan sebutan pace merupakan salah satu sumber obat herbal yang mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Sudah sejak jaman dahulu tanaman yang seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan sebagai obat di percaya dan sudah terbukti mampu menyobati berbagai macam penyakit.

Akar dari Buah mengkudu yang memiliki nama latin morinda citrifolia bisa menyembuhkan tetanus dan kejang-kejang. Kandungan zat oksidan yang lumayan tinggi yang dipercaya mampu menambah stamina bagi tubuh.

Buah pace sangat mudah di tanam di daerah tropis seperti indonesia dan penyebarannya pun hampir di seluruh tanah air. Buah mengkudu memiliki ciri khas yaitu bau yang menyengat dari buahnya, bentuk buah bertotol totol. Tinggi pohon 3-5 meter.

Bau yang timbul karena pencampuran antara asam kaprat (asam lemak dengan sepuluh atom karbon), C10), asam kaproat (C6), dan asam kaprilat (C8). Diduga kedua senyawa terakhir bersifat antibiotik aktif.

Berikut ini beberapa manfaat yang terkandung pada buah mengkudu:

  • zat anti bakteri: zat aktif yang terdapat pada sari buah mengkudu bermanfaat guna mematikan bakteri sumber penyebab infeksi, beberapa contohnya: Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli, Protens morgani, dan Bacillus subtilis.
  • Zat nutrisi: Buah mengkudu dapat dikatakan merupakan buah makanan yang memiliki gizi cukup lengkap. Zat nutrisi yang sangat berguna bagi tubuh seperti vitamin, mineral serta protein penting. Salah satu antioksidan hebat yaitu mineral selenium.
  • zat anti kanker: kandungan buah mengkudu diketahui sangat ampuh guna mencegah terjadinya kanker dan mengatasinya. zat yang terdapat pada buah pace ini paling efektif untuk melawan sel-sel abnormal.
  • Mengatur suasana hati: khasiat mengkudu telah terbukti bisa membantu guna mengatur suasana hati seseorang (mood). zat serotin sangat diperlukan tubuh manusia, sorotin merupakan suatu zat yang terdapat dalam sel darah pembeku (trombosit) yang melapisi otak dan saluran pencernaan.
  • Dapat mencegah terjadinya katarak: kenaikan gula adalah penyebab terjadinya katarak yang berefek pada kerusakan mata, mengkonsumsi mengkudu secara teratur dapat mencegak terjadinya katarak.

Manfaat lainnya dari buah mengkudu:

  1. Sebagai obat untuk penyakit kulit seperti kudis, luka bakar, bisul, rambut rontok, ketombe.
  2. Mampu mengatasi gangguan sistem pencernaan seperti mual-mual, keracunan makanan, kembung, radang lambung.
  3. Dapat mengobati gangguan sistem pernapasan seperti sakit tenggorokan, batuk, asma, dan juga Tuberkulosis (TB atau TBC).
  4. Mampu menurunkan diabetes: penelitian telah dilakukan para ahli untuk membuktikan mengkudu bisa mengobati penyakit jantung, diabetes, stroke, gagal organ, kebutaan. dinegara barat digunakan dan terbukti khasiatnya sangat ampuh.

Buah pace ini juga memiliki khasiat untuk mengatasi keriput yang terjadi khususnya pada daerah wajah akibat proses penuaan. Khasiat mengkudu sangat banyak berguna untuk kesehatan. Dan kita tahu ternyata buah mengkudu yang ada selama ini memiliki banyak khasiat yang sangat besar.

Incoming search terms:

Komentar