kesehatan

Khasiat Madu Alami Untuk Ibu Hamil

on

Madu merupakan zat alami yang berasal dari lebah madu. Tidak semua lebah dapat menghasikan madu yang tepat, jenis lebah yang menghasilkan madu efektif adalah lebah jenis Apis Dorsata. Madu merupakan sebuah zat yang mampu memberikan banyak manfaat bagi manusia dalam meningkatkan dan menjaga kesehatan serta menyembuhkan penyakit. Madu hampir mirip dengan cairan sirup namun memiliki kekentalan yang lebih pekat di bandingkan dengan sirup.
Madu dihasilkan dari lebah yang menghisap sari atau nektar dari bunga-bunga maupun tanaman lainnya yang memiliki kandungan gula. Selain menghasilkan madu untuk lebah, nektar juga merupakan sumber makanan lebah.
Nekar memiliki jenis tersendiri. Salah satu jenis nectar adalah nektar floral yang berasal dari kelenjar nektar, sedangkan jenis lainnya yaitu nektar ekstra floral diperoleh dari jenis tanaman selain bunga-bunga. Nekar ini memikat serangga jenis lain yang  juga menyukai hal-hal manis seperti semut.

Jika lebah madu telah mengambil nektar maka akan terjadi pembentukan menjadi madu dengan proses pengunyahan secara terus menerus. Proses sampai jadi madu ini didapatkan tidak dalam sekali proses, setelah nektar di kunyah maka akan bercampur dengan enzim pada lebah sampai akhirnya menjadi madu yang tepat.
Setelah menjadi madu maka caira madu ini dapat dijadikan antibodi dan memberikan mafaat kepada manusia untuk dijadikan ramuan obat berbagai macam penyakit, campuran obat, bahan pemanis makanan,  campuran untuk membuat adonan kue, eskrim dan lain sebagainya.


Mengapa madu dapat menjadi antibody untuk manusia?

Alasannya karena madu memiliki efek osmotik. Yaitu madu terdiri dari  campuran monosakarida dan kadar air yang rendah serta memiliki kadar gula sehingga menjadi sebuah media yang menjadi ancaman bagi mikro organism dalam berkembang biak.
Apakah manfaat madu sebenarnya?

Melihat dari konkritnya deskripsi di atas maka kesimpulan yang dapat diberikan adalah madu merupaka sebuah anti biak mikro organisme dan dapat memberikan banyak manfaat.  Manfaat madu antara lain seperti di bawah ini :
1. Obat diabetes
Sifat manis madu yang berasal dari fruktosa memberikan solusi kepada penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula dalam tubuhnya karena dengan fruktosa tidak diperlukan hormone insulin untuk merubah gula menjadi energi.
2. Mencegah infeksi usus besar
Kandungan nutrisi di dalam madu memberikan perlindungan yang baik untuk usus besar sehingga dapat mecegah berbagai macam penyakit lainnya yang berhubungan dengan pencernaan. Bahkan sebuah lembaga penelitian telah menguji cobakan madu pada tikus yang memiliki kerusakan usus, riset membuktikan bahwa kerusakan usus tersebut dapat terobati.
3.  Menghancurkan Batu Ginjal
Dalam resept tradisional didapati bahwa apabila madu di campur dengan tumbukan jinten hitam kemudian diseduh dengan air panas apabila di konsumsi secara rutin maka dapat menghancurkan batu ginjal, melancarkan asi bagi ibu yang menyusui, melancarkan dan menjaga siklus haid.
Bisakah madu di konsumsi ibu hamil?

Karena madu berasal dari tanaman dan sumber alami di alam maka madu baik di konsumsi oleh semua umur, bahkan balita pun (untuk balita sebaiknya dicampur dengan air, karena kekentalan dan sifat madu yang pekat dapat menyebabkan tersedak dalam waktu lama).
Manfaat madu untuk kandungan sebagai berikut ini :
  1. Madu dapat mengurangi resiko keguguran karena madu dapat memperkuat kandungan.
  2. Menjaga stamina dan daya tahan tubuh untuk ibu hamil karena fruktosa memberikan sumber energy yang mudah di cerna oleh tubuh.
  3. Meningkatkan kecerdasan anak apabila di konsumsi selama masa pertumbuhan otak.

Selain dari beberapa hal spesifik di atas madu juga dapat memberikan banyak solusi dalam mengatasi permasalahan di bidang kesehatan, seperti :
  1. Menambah tenaga untuk orang yang beraktifitas berat
  2. Mengandung vitamin yang banyak seperti vitamin B yang berfungsi meningkatkan nafsu makan
  3. Baik di konsumsi oleh lanjut usia karena dapat memberikan energy tanpa proses yang sulit di dalam tubuh.
  4. Membantu pertumbuhan tinggi badan apabila dikonsumsi secara rutin selama masa pertumbuhan.

Melihat dari banyaknya manfaat madu terkadang membuat banyak oknum melakukan tindakan yang merugikan bagi para konsumen yang membutuhkan madu, karena madu dapat di palsukan.
Lalu bagaimana cara membedakan madu asli dengan madu palsu?
Terdapat beberapa cara membedakan ciri-ciri madu asli dan palsu, singkatnya seperti di bawah ini :
          Madu asli tidak akan di makan semut
          Madu asli memiliki kekentalan yang pekat
          Memiliki warna yang lebih pekat namun jernih
          Madu asli tidak akan mudah menyatu dengan air

Demikianlah cara mudah untuk membedakan madu asli dengan madu palsu, langakh pertama adalah langkah yang paling mudah dilakukan karena pada dasarnya madu memiliki sifat kental yang tidak dapat mudah di cerna oleh serangga lainnya.

Komentar