herbal

Khasiat dan Manfaat Tanaman Ciplukan

By

on

Pengobatan dengan cara alami merupakan salah satu tipe atau jenis pengobatan yang memang sangat baik karena tidak memiliki efek samping atau apabila ada efek samping lainnya resikonya lebih ringan di bandingkan dengan pengobatan medis yang biasanya lebih banyak menggunakan obat-obat kimia. Selain dari pada itu upaya medis dalam menyembuhkan penyakit dengan tingkat yang tinggi seperti kanker dan sejenisnya akan dilakukan tindakan operasi atau pembedahan.

Untuk mengantisi hal diatas maka sebaiknya kebiasaan hidup sehat dan memulai atau membiasakan kehidupan dengan gaya hidup yang disiplin. Olahraga yang teratur dan makan makanan sehat tentu saja akan membuat kehidupan dan gaya hidup seseorang akan lebih baik.

Pengobatan alternative dengan cara alami juga merupakan salah satu gaya hidup yang mungkin sebaiknya perlu diketahui dan diterapkan untuk beberapa masalah kesehatan karena dengan cara ini maka anda akan terhindar dari bahan-bahan kimia obat.

Pengobatan alternative dengan bahan alami seperti menggunakan tanaman ciplukan atau dalam bahasa latin adalah Physallis peruvianna L merupakan salah satu tanaman liar yang banyak hidup di pekarangan rumah atau di beberapa hutan di Indonesia.

Khasiat dan manfaat ciplukan atau tanaman ciplukan sebagai tanaman obat yang bersifat analgetik, peluruh air seni, menetralkan racun, meredeakan batuk, mengaktifkan fungsi kelenjar tubuh dan lainnya.

Bagian dari tanaman ciplukan ini yang bisa digunakan sebagai obat adalah dari hampir semua bagian tumbuhan ini antara lain, akar, daun dan buah. Beberapa bagian tersebut dapat digunakan untuk menangani beberapa kasus yang paling sering diderita seseorang yaitu adalah influenza, sakit tenggorokan, batuk, bronchitis dan gondongan.

Cara-cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi beberapa hal diatas menggunakan tanaman ciplukan ini apabila digunakan sebagai pengobatan influenza dan sakit tenggorokan yaitu dengan cara menggunakan tanaman ini sebanyak 9 – 15 gram direbus dengan air secukupnya dan diminum airnya. Maka dengan izin tuhan yang maha kuasa mudah-mudahan penyakit batuk dan flu anda dengan mudah cepat teratasi.

Selain itu untuk mengobati penyakit flu dan sakit tenggorokan tanaman ciplukan dapat digunakan juga sebagai obat dari penyakit gondongan. Untuk melakukan pengobatan dalam mengatasi gondongan maka anda hanya perlu mengikuti langkah seperti langkah-langkah mengobati flu diatas.

Sedangkan untuk mengatasi penyakit yang tergolong berat seperti ayan, kencing manis dan sakit paru-paru maka lakukan beberapa anjuran singkat menggunakan tanaman cipukan seperti di bawah ini.

  1. Kencing manis : tanaman ciplukan direbus sebanyak tiga gelas air menjadi satu gelas air, disaring lalu diminum
  2. Sakit paru-paru : tanaman ciplukan lengkap direbus dengan tiga sampai dengan lima gelas air mendidih, disaring dan minum airnya sebanyak tiga kali sehari secangkir.
  3. Ayan : cukup gunakan buah tanaman ciplukan dan dimakan sebanyak delapan sampai dengan sepuluh buah setiap hari.

Demikianlah beberapa informasi yang dapat kami sajikan berkaitan dengan khasiat dan manfaat tanaman ciplukan dalam memberikan solusi mudah pengobatan herbal secara alami. Semoga bermanfaat.

Recommended for you

Komentar