kecantikan

Khasiat Dan Manfaat Daun Beluntas Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

By

on

khasiat dan manfaat daun beluntas – banyak khasiat yang terkandung dalam daun beluntas dan belum banyak orang yang mengerti tentang manaat daun beluntas. Secara tradisional daun beluntas digunakan sebagai media untuk menghilangkan bau badan, obat turun panas, obat batuk, dan obat diare. Daun beluntas yang telah direbus sangat baik untuk menyembuhkan sakit kulit.Penyebutan tanaman beluntas d indonesia dengan nama yang berbeda seperti baluntas, Luntas, dan Lamutasa. namun tetap tanaman beluntas yang dimaksud

Hampir dapat dipastikan orang akan langsung mengenalnya sebagai tanaman yang sering tumbuh liar di lahan kosong dan juga di halaman rumah, karena sering digunakan sebagai tanaman pagar.Beluntas merupakan tanaman perdu tegak, berkayu, bercabang banyak, dengan tinggi bisa mencapai dua meter. Daun tunggal, bulat bentuk telur, ujung runcing, berbulu halus, daun muda berwarna hijau kekuningan dan setelah tua berwarna hijau pucat serta panjang daun rata-rata 4cm. Tumbuh liar di tanah dengan kelembaban tingg, di beberapa tempat di wilayah Jawa Barat tanaman ini digunakan sebagai tanaman pagar dan pembatas antar guludan di perkebunan.

Kandungan senyawa daun beluntas

Tidak seperti tanaman akar wangi dan alang-alang tanaman yang diambil dasar akarnya sebagai sumber obat, tanaman beluntas biasanya menggunakan daunnya seperi halnya daun kemangi dan daun sirih untuk metode pengobatan. aspek positif daun beluntas sebagai metode pengobatan tradisional dilihat dengan adanya beberapa senyawa kimia yang terdapat di dalamnya, antara lain terdapatnya senyawa alkholoid, senyawa minyak atsiri serta senyawa flavonoid. Adanya senyawa flavonoid di dalam daun beluntas membuat daun ini memiliki sifat antibakteri terhadap Staphylococcus aureus yaitu suatu bakteri penyebab bisul, jerawat, penyakit meningitis dan penyakit arthritits.

Pada flavonoid juga terdapat kandungan senyawa fenol, yaitu suatu jenis alkohol yang memiliki sifat asam oleh sebab itu sering juga disebut asam karbolat. Kandungan senyawa fenol yang terdapat di dalam daun beluntas berguna untuk mengganggu pertumbuhan bakteri Escherichia coli yaitu salah satu jenis bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan terjadi pada manusia yaitu timbulnya penyakit diare.

senyawa daun beluntas lainnya adalah terdapatnya minyak atsiri yang mengandung benzyl alkohol, terdapat juga senyawa benzyl asetat, senyawa eugenol, serta linolol. Khasiat minyak atsiri dapat dipergunakan untuk menghambat proses pertumbuhan bakteri penyebab karies pada gigi. Oleh karena itu kegunaan daun beluntas dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan pada mulut terutama pada gigi.

Demikian informasi dari saya tentang khasiat dan manfaat daun beluntas. semoga dapat bermanfaat. terima kasih.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar