ilmu bidan

Khasiat Dan Manfaat Bagian Pohon Kelor Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

By

on

Di Indonesia, terutama bagi masyarakat jawa, pohon kelor sering dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistis. Alasannya, pohon ini dipercaya dapat digunakan untuk mengusir jin yang merasuki tubuh seseorang, ataupun digunakan untuk menetralisir rumah dari gangguan jin.
Terlepas dari citra tersebut, faktanya masyarakat memang kurang memperhatikan pohon yang sebenarnya memiliki banyak manfaat tersebut. Bagi masyarakat yang telah mengetahui manfaat dari pohon kelor menyabutnya sebagai miracle plant. Bahkan ada yang menyebut dengan sebutan yang cukup ekstrim, yaitu Tanaman Sorga Yang Tidak Pernah Mati.

Dibeberapa negara, seperti Pakistan, Filipina, Ethiopia dan India. beberapa tahun terakhir belakangan ini tanaman kelor menjadi pusat perhatian dan terus mengembangkan tanaman ini menjadi sumber daya alam nabati untuk berbagai keperluan terutama untuk kesehatan. Pohon kelor dapat dimanfaatkan darri mulai diji, daun hingga kulitnya.

Budidaya pohon kelor telah mendapat apresiasi dalam pengembangan pedesaan, baik dalam segi sosial ekonomi ataupun penganekaragaman sumber daya alam hayati yang memberikan manfaat bagi pemilik lahan maupun lingkungan sekitar, Di Indonesia, keberadaan pohon kelor tampaknya sudah mulai langka, karena masyarakat tidak membudidayakan tanaman ini.

Bagian pohon kelor dan kegunaannya :

  • Daun kelor
Digunakan untuk menyembuhkan sakit kepala atau pusing, Menghentikan pendarahan dari luka kecil dikulit ( daun kelor yang masih muda dihaluskan kemudian ditempelkan pada bagian yang luka), mengobati tukak lambung atau diare ( seduh daun kelor menggunakan air panas kemudian diminum), anti bakteri dan jamur, serta dengan mengkonsumsi daun kelor dapat meningkatkan ketahanan tubuh dan mengtasi kondisi kurang gizi.
  • Bunga kelor
Dapat memperbaiki dan meningkatkan kalitas air susu ibu (ASI) (bunga kelor yang masih segar di blender seperti membuat jus kemudian diminum), mengatasi masalah gangguan saluran kencing atau melancarkan buang air kecil.
  • Buah kelor muda
Menurunkan panas, mencegah gangguan organ hati, dan limpa (buah kelor yang masih muda dimakan mentah).
  • Biji buah kelor.
Digunakan sebagai antibiotik alami, mencegah pembengkakan pada luka, mengobati arthritis, rematik, gout, keram serta penyakit yang ditularkan melalui hubungan badan.

Komentar