Mobil

Ketahuilah Beberapa Komponen Mesin Mobil Yang Sering Bermasalah Ini!

on

Mempelajari mesin mobil tidak hanya harus dilakukan oleh orang-orang yang menyukai otomotif. Bagi Anda, khususnya yang memiliki kendaraan mobil, mengerti tentang komponen dan bagian mesin adalah hal yang penting. Terlebih lagi mengenai komponen mesin mobil yang sering bermasalah. Hal ini perlu dilakukan agar saat mobil Anda bermasalah, Anda bisa kurang lebih mengerti apa yang terjadi dan bagian mana yang bermasalah, sebelum Anda membawanya ke bengkel.

Di samping itu, dengan mengetahui bagian yang sering bermasalah, Anda jadi bisa mencari tahu apa yang harus dilakukan untuk merawatnya. Berikut ini penjelasan singkat yang mungkin bisa memberikan Anda informasi yang bermanfaat.

Sering kali orang-orang mengalami masalah dengan mobilnya di pagi hari ketika mesin menjadi dingin karena didiamkan semalaman atau mungkin untuk beberapa waktu yang lebih lama. Pada keadaan ini, mobil terkadang akan sulit dinyalakan. Beberapa penyebab umum adalah terminal aki yang kendor atau berkarat, regulator atau injektor yang bermasalah serta terlalu renggangnya jarak antara kepala dan sumbu busi. Maka, jika di pagi hari mesin mobil susah dihidupkan, Anda bisa mengecek bagian-bagian komponen mesin yang disebutkan di atas.

Jika Anda tidak bisa memperbaikinya sendiri, panggilah montir untuk membantu Anda. Namun setidaknya, Anda tahu komponen mesin mobil yang sering bermasalah, dan di waktu selanjutnya, berilah perawatan yang cukup agar tidak terjadi lagi kerusakan atau masalah yang sama.

Komponen penting lainnya yang juga sering mengalami kerusakan adalah distributor. Jika proses penyuplaian tenaga menuju beberapa komponen penggerak yang terjadi pada distributor mengalami gangguan, maka mesin mobil akan bekerja tidak semestinya. Jadi, jika mesin sudah mulai tidak bekerja dengan baik, Anda bisa mulai mengecek pada bagian komponen mesin ini. Bagian lain yang perlu diperiksa secara berkala adalah busi. Dalam satu set, terdapat beberapa busi, jika salah satunya sudah terlihat renggang atau rusak pada bagian kepalanya, ini berarti sudah waktunya Anda menggantinya dengan yang baru, agar tidak mengganggu kinerja mesin mobil. Masih ada lagi beberapa komponen mesin mobil yang sering bermasalah yang perlu Anda tahu seperti berikut ini.

Untuk menjalankan mobil, mesin perlu mengubah bahan bakar menjadi energi listrik, dan untuk membangkitkannya, diperlukan sebuah komponen yang disebut koil. Seperti halnya busi yang digunakan sebagai pemantik, koil juga sering bermasalah. Jika koil sudah dalam keadaan rusak, akan sulit terjadi proses pengapian. Oleh karena itu, komponen ini juga perlu diganti jika sudah rusak.

Yang terakhir ada sistem injeksi. Bagian ini menjadi salah satu komponen mesin mobil yang sering bermasalah jika Anda tidak rajin membersihkannya. Ketika injector dalam keadaan kotor ataupun tersumbat, indikasi yang terjadi adalah akan muncul getaran kasar pada mesin. Oleh sebab itu, pemeriksaan dan pembersihan berkala pada komponen mesin lainnya perlu dilakukan untuk mencegah kerusakan.

Incoming search terms:

Recommended for you

Komentar