BlackBerry

Kenapa Tidak Dapat Restore BBM Contact Setelah Di Instal Ulang?

on

Blackberry sudah menjadi salah satu alat komunikasi yang sangat banyak digunakan di Indonesia. Kini hampir semua pengguna smartphone, termasuk juga pengguna Android dan iPhone yang sudah bisa menggunakan Blackberry Messenger (BBM). Tentu kita tidak mau kehilangan data atau kontak BBM. Namun, bisa juga terjadi ketika kita tidak dapat restore BBM contact setelah di instal ulang. Hal-hal tersebut jika sudah terlanjur terjadi ibarat nasi sudah menjadi bubur. Maka selagi masih sempat, ada baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk melakukan backup data dan kontak dari BBM anda. 
Untuk menghindari kejadian dimana kita tidak dapat restore BBM contact setelah di instal, kita harus melakukan backup terlebih dahulu. Cara pertama adalah dengan menggunakan komputer anda, jika menggunakan cara ini anda harus punya Blackberry Desktop Manager. Buka aplikasi tersebut, dan hubungkan BB ke komputer dengan menggunakan USB. Pilih menu Device, dan Backup. Anda tinggal pilih tempat menyimpan file backup, dan klik Backup. Lalu ada juga cara menggunakan akun google. Caranya adalah dari Home Screen, anda pilih Setup . Jika sudah masuk, pilih menu Settings dan Email Account. Disitu ada pilihan Add dan pilih Gmail. Kemudian isikan password dan username Gmail yang anda punya, pilih Next dan tunggu sampai selesai. Centang menu Synchronization Options agar kontak dapat ter-backup secara otomatis. Atau bisa menggunakan penyimpanan Google Drive, pilih saja yang gratis. Cara ini dapat membantu anda agar data tetap aman meski smartphone anda hilang.

Nah, jika anda mengalami kejadian dimana data dan kontak anda tidak dapat di restore, maka ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan hal tersebut. Pertama karena anda belum pernah melakukan backup atau syncrhonization, jadi data dan kontak anda tidak pernah ter-backup. Kedua adalah karena proses backup yang tidak selesai, atau dengan kata lain prosesnya gagal dimana data dan kontak belum sempat tersimpan. Ketiga adalah anda hanya melakukan backup di komputer dan microSD dimana data yang anda simpan hilang. Jadi sebelum mengalami kondisi dimana anda tidak dapat restore BBM contact setelah di instal ulang, maka lebih baik lakukan backup terlebih dahulu.

Komentar