Otomotif

Johammer J1 “Motor Listrik” Yang Siap Bersaing Di Pasaran

By

on

Kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat semakin membuat produsen otomotif di dunia bersaing dalam membuat inovasi dan rancangan terbaru pada produknya. baru-baru ini produsen motor asal negeri kangguru Australia Johammer Motorcycle memperkenalkan produk tebarunya yaitu johammer j1. kendaraan jenis roda dua ini dirancang dengan menggunakan motor listrik yang menggantikan mesin konvensional sebagai dapur pacunya. akan tetapi bukan itu saja yang menjadi daya tarik dari motor ini, desainnya pun sangat unik menyerupai kulit kacang tanah yang tidak utuh yang diberi roda di kedua sisinya.

Motor ini sendiri mengambil desain bergaya art deco, mengenai konsep motor ini sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan beberapa tahun yang lalu denga mnama yang lain yaitu “The Bista” yang diproduksi oleh pabrikan motor asal australia juga yaitu Hammerschmid Maschinenbau dan rumah desain Yellow Works.

Untuk karakteristiknya sendiri motor ini tetap dikategorikan sebagai sepeda motor dengan kelengkapan yang sama dengan motor konvensional yang lain yaitu sepasang roda dan rangka. tetapi yang membuat motor ini berbeda dengan motor yang sudah ada dipasaran adalah bentuk dan desainnya.

Motor ini menggunakan tenaga listrik terintegrasi dengan gardan roda belakang yang bisa dibilang masih konvensional. untuk suspensi masih menggunakan dua buah lengan ayun yang dihubungkan dengan roda bagian depan dan belakang. suspensi pada motor ini terlindungi dibalik kotak aluminium dengan memanfaatkan rongga di bawah baterai lithium ion di bagian tengan chasis. jadi meskipun hanya menggunakan dua buah lengan ayun namun pihak Johammer mengklaim bahwa tingkat stabilitas motor ini sangat baik.

Motor ini dapat dikategorikan sebagai motor “ceper” karena memiliki dimensi panjang 2.200 mm dan tinggi 1.300 mm serta wheelbase1.455 mm semetara untuk bentang setang memiliki lebar 814 mm dengan titik gravitasi hanya 13.8 dari tanah.

Pihak Johammer sebagai produsen resmi motor ini rencananya akan memproduksi dua varian yang berbeda dari jarak yang dapat diempuh dengan sekali pengisian baterai. varian jenis yang pertama yaitu J1.200 yang dibekali baterai dengan kapasitas tenaga 12.7 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 200km. varian yang kedua yaitu J1.150 yang dibekali baterai dengan kapasitas yang lebih kecil yaitu 8.3 kWh dengan jarak tempuh 150 km.

Selain itu perbedaan antara kedua varian ini adalah lama pengisian baterainya, untuk model J1.200 butuh waktu sekitar 3.5 jam untuk pengisian baterai dari posisi kosong sampai 80 %, sementara J1.150 hanya butuh waktu 2.5 jam. dengan masa pakai kedua baterai tersebut hingga jarak tempuh 100.000 km.

Untuk masalah harga pihak johammer melalui Chief Executive Officernya membandrol motor ini seharga 23.000 euro atau sekitar Rp 364.3 juta untuk model J1.150, sedangkan untuk model J1.200 dibanderol dengan harga 25.000 euro atau sekitar Rp 396.06 juta. pihak johammer juga menjelaskan bahwa motor ini akan diproduksi sebanyak 50 unit sampai akhir tahun ini, namun produksinya akan dinaikan menjadi 300-500 unit per tahun. jadi bagi anda yang ingin mencoba motor listrik wajib untuk mencoba motor yang satu ini.

Incoming search terms:

Komentar