Engineering

Jenis dan Sumber Energi Yang Berasal Dari Laut

on

Wartasaranamedia.com – Semakin maraknya berita – berita mengenai energy alternative seperti biogas dan bioenergi lainnya sebagai energi alternatif pengganti energi minyak bumi, hal tersebut rupanya berdampak cukup positif dengan semakin banyak pula muncul ide-ide kreatif untuk mengembangkan energy alternative di aspek lain seperti energy dari lautan.

Sebenarnya energy ini sudah cukup lama di ketahui dan sudah ada beberapa perusahaan yang mencoba untuk mengembangkannya, namun proyek seperti ini pada dasarnya membutuhkan biaya yang tentunya tidak sedikit.

Sumber daya manusia yang digunakan pun harus memadai untuk mengeksplor salah satu sumber enrgi alternatif yang cukup potensial ini. Energi yang terdapat di laut sebagian besar merupakan sumber energy yang cukup potensial dan merupakan energy thermal.

Sumber Energi yang berasal dari laut (ocean energy) dapat dikategorikan menjadi tiga macam, yaitu :

  1. Energi ombak (wave energy),
  2. Energi pasang surut (tidal energy),
  3. Hasil konversi energi panas laut (ocean thermal energy conversion).

Prinsip sederhana dari pemanfaatan ketiga bentuk energi tersebut adalah:dengan menggunakan energi kinetik yang digunakan untuk memutar turbin yang selanjutnya menggerakkan generator untuk menghasilkan listrik. Amerika Serikat saat ini tengah gencar melakukan eksperimen – eksperimen agar sesegera mungkin dapat memanfaatkan salah satu energy laut. Bahkan Jepang pun ikut membantu dalam hal penelitian dan pengembangan, meskipun Jepang tidak memiliki tempat yang potensial.

Di Indonesia, tempat yang cukup potensial untuk menghasilkan energy laut yaitu di Selat Larantuka antara Pulau Flores dan Pulau Adonara. Sejak tahun 2006, melalui pembiayaan DIPA APBN, tim perekayasa dari UPT LHI BPPT telah melakukan pemetaan potensi energi arus laut di Indonesia dengan menggunakan teknik simulasi numeric.

Dan Berdasarkan hasil pemetaan tersebut, pada tahun 2007 tim perekayasa UPT LHI mulai melakukan proses rancang bangun PLTAL. Dan pada akhir bulan Juni tahun 2010, akhirnya PLTAL dapat dilakukan ujicoba. Energi listrik yang dihasilkan pun digunakan untuk menerangi dermaga dan rumah – rumah sebagian warga dusun tanah merah.

Masih banyak kekurangan dari system pembangkit ini dan perlu banyak perbaikan dari segala aspek agar energy ini bisa di eksploitasi secara maksimal dan tentunya dapat digunakan sebagai energy alternative pengganti minyak bumi yang semakin terkuras dan mahal. Pemerintahpun diharapkan lebih serius mdalam menyikapi jenis energy yang cukup potensial ini.

Incoming search terms:

Komentar