Batu Akik

Jenis Batu Akik Kecubung Kalimantan

By

on

Batu akik Kecubung Kalimantan biasa disebut dengan kecubung wulung. Ciri khas batu ini adalah memiliki warna gelap termasuk ungu gelap, maupun biru gelap. Batu jenis ini menjadi primadona oleh sebagian besar pecinta batu mulia karena dipercaya memiliki tuah yang akan menguntungkan si pemilik.
Di pasaran internasional, jenis batu kecubung juga dikenal dengan sebutan Amethys, yang juga termasuk ke dalam batu mulia yang memiliki tingkat kekerasan sebesar 7 skala Mohs. Batu ini memiliki nilai harga jual yang sangat tinggi dan sampai saat ini tidak pernah sepi peminat. Meskipun begitu, keberadaan batu ini terbilang cukup langka dan sulit didapat. Oleh karena itu, tak heran jika selanjutnya batu jenis ini memiliki nilai jual yang tinggi.
Ciri-ciri batu kecubung wulung Kalimantan asli adalah memiliki warna gelap, namun jika disenter tembus akan menampilkan beberapa warna yang beragam, batu Kecubung Wulung juga anti gores, lebih berat jika dibandingkan dengan massa batu pada umumnya, dan jika dilihat dari jarak dekat akan muncul bayangan seperti sedang berada di sebuah cermin.

Sangat penting untuk anda mengetahui ciri-ciri batu Kecubung yang asli karena di pasaran banyak sekali oknum yang mencoba membuat batu tiruan atau palsu. Langkanya jumlah batu Kecubung banyak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan rupiah. Jadi, anda harus jeli jika ingin membeli batu permata ini. Jangan sampai anda telah mengeluarkan uang mahal-mahal, tetapi ternyata batu yang sampai di tangan anda adalah batu palsu. Pilihlah batu kecubung yang bersertifikat, atau belilah bersama orang yang ahli dalam bidang batu mulia.
Selain keindahannya, batu ini konon juga dipercaya memiliki kekuatan. Menurut mitos yang selama ini dipercaya, khasiat batu Kecubung Wulung adalah dapat dijadikan sebagai pengasih, menjaga keseimbangan emosional, menjadikan jiwa terasa tenteram dan aman, serta untuk mediasi energi. Sama seperti halnya batu akik pada umumnya, kekuatan supranatural ini terkadang tidak bisa dijelaskan secara mudah. Beberapa orang lebih suka mengoleksi batu ini hanya karena kecantikannya daripada unsur-unsur supranaturalnya.

Komentar