kesehatan

Hukuman Menjual Obat Medis Tanpa Resep Yang Tercantum Dalam Undang-Undang

on

Hukuman menjual obat medis tanpa resep merupakan suatu hal yang disinyalir sebagai kegiatan yang melanggar hukum karena dapat membahayakan kesehatan seseorang. Sebelum mengetahui mengenai bagaimana hukum bagi pihak yang menjual obat-obatan medis tanpa adanya resep dokter, maka harus mengetahui terlebih dahulu golongan obat-obatan yang dapat dijual dengan memerlukan resep dokter dan yang dapat dijual dengan tidak memerlukan resep dokter, diantaranya obat yang dapat dijual secara bebas tanpa adanya referensi resep dari dokter misalnya saja analgetik atau anti nyeri, vitamin dan mineral. Kemudian obat narkotik (opait) yang merupakan golongan obat yang dapat dijual akan tetapi harus disertai dengan resep dokter, misalnya tramadol, dan fentanil.
Golongan obat yang selanjutnya adalah obat psikotropika yang dapat dijual dengan adanya resep dokter karena merupakan obat-obatan yang diawasi, misalnya saja obat tidur alprazolam. Dan golongan obat yang terakhir yaitu obat keras (daftar G/Gevaarijk atau yang termasuk ke dalam obat berbahaya) dan golongan obat ini harus menggunakan resep dari dokter, misalnya obat antibiotik dan hormon. Namun dibalik golongan-golongan tersebut sering kali obat antibiotik dibeli tanpa menggunakan resep dari dokter padahal efek yang ditimbulkan sangat berbahaya jika obat antibiotic diminum tanpa adanya aturan. Hukuman menjual obat medis tanpa resep sudah diatur di dalam Undang-undang karena penjualan tanpa resep ini dapat membahayakan bagi warga Negara
.
Biasanya jenis obat yang sering sekali diedarkan tanpa adanya resep dokter adalah obat untuk menggugurkan kandungan atau aborsi. Padahal dalam kaitannya dengan kesehatan, aborsi merupakan tindakan yang sangat membahayakan wanita akan tetapi pengkonsumsian obat aborsi tidak dapat dielakkan. Hukuman menjual obat medis tanpa resep seperti obat aborsi telah diatur dalam Undang-undang karena hal tersebut merupakan tindakan yang melanggar hukum kesehatan serta penyalahgunaan ijin untuk pendirian apotik. Sanksi pidana yang didapatkan oleh penjual obat medis tanpa resep yaitu terkena pasal 299 ayat (1) dan mendapatkan kurungan penjara paling lama empat tahun. Sementara jika telah terbukti melakukan penjualan demi keuntungan maka hukuman akan ditambah sepertiganya.

Incoming search terms:

Komentar