kesehatan

Hubungan Sciatica dan Kehamilan

on

Kebanyakan orang berpikir jika sciatica adalah sebuah penyakit yang menyerang dengan gejala tunggal, namun sebenarnya sciatica adalah sebuah penyakit yang menyerang anggota tubuh dengan ditandai beberapa gejala. Gejala awalnya dirasakan pada bagian bawah punggung yang kemudian menjalar ke bagian betis dan akhirnya ke telapak kaki. Biasanya sciatica disebabkan oleh luka atau salah urat di bagian punggung yang menyebabkan terjadinya tekanan atau peradangan di bagian punggung. 

Hal ini disebabkan oleh saraf sciatica yang terserang oleh tekanan dan peradangan. Sangat mungkin bagi anda mengalami sciatica meski tanpa gejala sakit punggung, dan hal itu akan terasa sangat sakit di bagian betis. 


Hubungan Sciatica dan Kehamilan
Banyak orang yang percaya jika sciatica berkaitan erat dengan kehamilan. Mungkin saja anda berpikir jika sciatica muncul karena ada perkembangan janin yang kemudian menekan ke belakang sehingga menyebabkan rasa sakit. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena sakit punggung yang dialami wanita hamil adalah sakit di bagian punggung yang bukan di area saraf sciatica, bisa jadi sakit yang dialami wanita hamil adalah sakit pada korset pinggul. 



Sakit punggung yang dialami wanita biasanya disebabkan oleh adanya pembengkakan pada saraf akibat kerusakan piringan sendi. Hal ini juga mungkin saja disebabkan oleh terselipnya piringan sendi atau bisa juga disebabkan oleh prolapse jika wanita tersebut mengalami prolapse.


Gejala Sciatica

Jika anda masih bingung membedakan mana yang sciatica dan mana yang bukan, anda harus mempelajari gejala-gejala yang ditimbulkan oleh sciatica. Biasanya sciatica ditandai dengan munculnya bercak kebiru-biruan di bagian punggung, bercak tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Tanda kebiru-biruan tersebut akan menyebar dari punggung ke paha, betis, dan akhirnya ke kaki. Biasanya juga akan disertai dengan rasa gatal apabila gejala tersebut muncul. Jika anda seorang wanita hamil dan menderita sciatica, bidan akan mengerti apa yang anda keluhkan dan siap membantu anda. Ada juga akan diberitahu apakah sakit yang anda alami hanya sekedar sakit punggung biasa, nyeri pada korset pinggul, atau memang sciatica.

Komentar