Modifikasi

Hal-hal Penting Dalam Mengetahui Cara Modifikasi Motor Yamaha

on

Khusus bagi para pecinta motor pabrikan Yamaha, anda tentu sangat tertarik mengenai cara modifikasi motor Yamaha. Modifikasi motor pada umumnya merupakan bentuk kreasi desain dan inspirasi pribadi terhadap desain asli motor keluaran pabrik.
Dalam memodifikasi motor sebenarnya tidak terlalu banyak atau pakem-pakem yang harus anda ikuti, namun anda tetap harus mengetahui spesifikasi dari motor yang akan anda modifikasi. Hal tersebut nantinya akan memudahkan anda dalam memilih spesifikasi tambahan atau additional part yang akan membuat motor anda terlihat lebih menarik.
Kali ini akan dibahas mengenai spesifikasi dari salah satu varian motor keluaran pabrik Yamaha, yakni Yamaha New Vixion. Motor ini adalah jenis motor yang sedikit banyak berkiblat pada teknologi yang digunakan pada kendaraan Moto GP, motor ini juga seringkali dikategorikan sebagai MoGe atau Motor Gede.

Banyak peminat MoGe yang memodifikasi atau mendesain ulang motor Yamaha New Vixion agar semakin terlihat garang seperti kuda besi milik para pembalap Moto GP.  Bagaimana Cara Modifikasi Motor Yamaha ini? Untuk mengetahuinya, kita akan membahas mengenai spesifikasi Yamaha New Vixion terlebih dahulu.
Mesin motor Yamaha ini menggunakan teknologi fuel injection yang dilengkapi dengan pendingin cairan dan juga teknologi mesin 4 volve SOHC. Teknologi Fuel injection yang digunakan pada motor ini membuat penggunaan bahan bakar semakin irit dan gas hasil pembakarannya pun ramah lingkungan.
Spesifikasi rangka motor juga merupakan hal yang sangat penting jika anda ingin memodifikasi kendaraan anda. Adapun spesifikasi mengenai rangka motor Yamaha ini yakni, pada segi pengereman, Yamaha New Vixion memakai cakram hidrolik, piston ganda untuk rem depan, dan cakram hidrolik, piston tunggal untuk rem belakang. Ban yang digunakan memiliki ukuran 90/80 untuk ban depan, dan 120/70 untuk ban belakang.

Setelah mengetahui mengenai spesifikasi rangka, tentunya dapat memudahkan anda dalam memilih aksesoris tambahan untuk membuat motor anda terlihat lebih menarik. Selanjutnya untuk membuat anda semakin mengetahui mengenai cara modifikasi motor Yamaha New Vixion ini, sebaiknya anda mengetahui beberapa golongan modifikasi motor itu sendiri.
Ada beberapa jenis modifikasi bagi motor Yamaha New Vixion, mengenai desain dan variasi gaya dalam memodifikasi sebenarnya tergantung dari tujuan anda memodifikasi motor anda. Beberapa orang biasanya memodifikasi Yamaha New Vixion dengan model Full Variasi, jenis modifikasi ini sangat cocok bagi anda gemar melakukan aktivitas touring karena modifikasi Full Variasi ini tidak hanya merubah desain namun juga menambah tenaga mesin.
Ada pula yang memodifikasi Yamaha New Vixion dengan model ceper atau modifikasi yang merendahkan rangka motor dari ukuran aslinya, jenis modifikasi ini yang menjadi titik utama adalah jenis ban yang akan digunakan. Selanjutnya dalam cara modifikasi motor Yamaha juga terdapat model AirBrush dan Street Fighter, keduanya sama-sama menekankan faktor desain dan permainan warna.

Sebaiknya sebelum melakukan modifikasi terhadap motor Yamaha kesayangan anda, perhatikan dahulu resiko yang akan anda terima jika ada komponen yang akan anda rubah, karena modifikasi motor biasanya akan menyebabkan suatu fungsi komponen motor menjadi kurang stabil. Hal ini karena semua hal yang sudah di desain sedemikian rupa oleh para engineering Yamaha sudah dihitung tingkat kenyamanan dan keselamatannya.

Berikut ini adalah spesifikasi asli Yamaha New Vixion Terbaru 2015

Spesifikasi Yamaha Vixion Terbaru
Mesin
4-stroke, 4 valve SOHC Fuel Injection, liquid cooled
Tipe
4-stroke, 4 valve SOHC Fuel Injection, liquid cooled
Silinder               
Silinder tunggal/tegak
Kapasitas            
149,8 cc
Diameter x Langkah
57.0 mm x 58.7 mm
Perbandingan kompresi
10.4 : 1
Daya maksimum
12.2 kW (16,59 PS)/8.500 rpm
Torsi maksimum
14.5 Nm (1.48 kgf-m)/7.500 rpm
Sistem starter
Elektrik & Kick starter
Sistem pelumasan
Basah
Sistem suplai BBM
Fuel Injection
Kapasitas oli mesin
Total = 1.15 L
Berkala = 0.95 L
Ganti filter oli = 1 L
Ganti filter oli = 1 L
Tipe kopling
Basah, kopling manual, multiplat
Tipe transmisi
Return 5-speed (1-N-2-3-4-5)
Dimensi
Panjang x lebar x tinggi
1.925 x 705 x 1.030 mm
Jarak sumbu roda
1.300 mm
Jarak terendah ke tanah              
165 mm
Tinggi tempat duduk
790 mm
Berat isi
129 kg
Kapasitas tangki bensin
12 L
Rangka
Tipe
Diamond, Pressed backbone (Deltabox)
Suspensi depan
Teleskopik
Suspensi belakang
Lengan ayun, link suspensi monocross
Ban depan
90/80-17M/C 46P
Ban belakang
120/70-17M/ C 58P
Rem depan
Cakram hidrolik, single disc brake
Rem belakang
Cakram hidrolik, single disc brake
Kelistrikan
Sistem pengapian
T.C.I / Transistorized Control Engine (Digital)
Battery
YTZ4V/GTZ4V (MF Battery 3Ah)
Tipe busi
CR8E (NGK) / U24ESR (DENSO)

Incoming search terms:

Komentar