Bisnis

Hak Dan Kewajiban Pemegang Saham

on

Mari kita membahas tentang hak dan kewajiban pemegang saham. Saham adalah suatu bukti hak kepemilikan sebagian asset dari seluruh asset yang ada di perusahaan tersebut. Sedangkan pemegang saham adalah seseorang atau badan hukum yang secara sah mempunyai hak kepemilikan sebagian asset  dari seluruh asset yang ada di perusahaan tersebut. Para pemegang saham dapat dikategorikan sebagai salah satu pemilik perusahaan tersebut. Banyak orang yang memilih untuk memiliki saham di suatu perusahaan karena dapat memberikan banyak keuntungan. Selain kita mendapatkan bagian keuntungan perusahaan, kita juga dapat bertemu orang-orang baru yang nantinya akan memberikan berbagai pengalaman. Pemegang saham bukan hanya membeli sebagian saham dan duduk tenang sambil menunggu keuntungan perusahaan, tetapi juga mempunyai kewajiban yang harus dilakukan.
Sebagai pemegang saham, kita mempunyai kewajiban diantaranya yaitu, membayar saham yang sudah kita beli maksimal 3 hari setelah transaksi beli saham dilakukan. Apabila dalam waktu 3 hari tersebut belum membayar, maka wajib membayar bunga keterlambatan dan bunga tersebut dihitung per hari. 
Saat bertransaksi beli dan close posisi kita berkewajiban membayar fee. Apabila ada kewajiban, maka disitulah ada hak yang kita peroleh. Sebagai pemegang saham, kita mempunyai hak yaitu, Hak terkait dengan asset korporasi, Hak untuk menerima pembagian deviden, Hak kesempatan mendapatkan jatah prioritas right issue (proses pelepasan saham untuk kedua kalinya, atau ketiga kalinya, dan seterusnya), Hak untuk memeriksa catatan dan buku korporasi, Hak membawa gugatan terhadap korporasi untuk bertindak salah oleh direksi dan pejabat dari korporasi, Hak untuk melakukan voting atas issue apapun yang mempengaruhi perusahaan.
Jika dilihat dari hak dan kewajiban pemegang saham, lebih banyak hak yang kita miliki. Tidak heran jika banyak orang yang terjun ke dunia bisnis ini. Banyak manfaat yang kita peroleh dan pastinya pengalaman yang menarik pula. Jangan buru-buru mengambil tindakan untuk ikut menjadi salah satu pemegang saham di suatu perusahaan, memang mudah bagi mereka yang sudah mempunyai pengalaman dan tidak mudah bagi para pemula. Tetapi jangan berkecil hati, ingatlah kesuksesan ada di tangan kita yang berani.

Komentar