Bisnis

Hak Dan Kewajiban Investor

on

Dalam dunia usaha, ada yang namanya hak dan kewajiban investor. Memang pada dasarnya setiap orang memiliki hak dan kewajiban. Ini untuk membatasi hak dan kewajiban itu sendiri. Dalam hal investasi, investor merupakan orang yang memberikan sejumlah uang atau barang yang tujuannya digunakan oleh suatu badan usaha tertentu untuk melakukan kegiatan usahanya.

Tentunya dalam menjalankan usaha perlu yang namanya modal, maka uang atau barang tadi digunakan untuk modal perusahaan. Memang hak dan kewajiban investor sudah dipastikan dalam susunan peraturan dalam perusahaan (berwujud anggaran dasar atau anggaran rumah tangga atau disebut dengan AD/ART perusahaan), dan  investor harus mengetahui betul hal tersebut secara detail.  Karena jika tidak akan berbahaya bagi investor. Kemudian sebelum memutuskan untuk menjadi investor, maka calon investor harus mempelajari profil dan kinerja dari perusahaan tersebut.

Secara umum hak dan kewajiban investor dibagi menjadi beberapa hal. Kewajiban terlebih dahulu. Kewajiban investor adalah menyetorkan / menyerahkan modal dalam bentuk uang atau barang (sesuai ketentuan perusahaan).  Mengenai bentuk dan jumlah modal disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan ketentuan-ketentuan yang ada di dalamnya.

Kemudian ketika kewajiban terpenuhi, maka timbulah hak. Beberapa hak investor adalah tentu saja dari modal yang disetorkan tadi, investor memperoleh keuntungan dari perusahaan. Keuntungan ini dapat berupa deviden atau bunga, tergantung pada perjanjian antara investor dan perusahaan. Lalu hak investor lainnya adalah menerima laporan mengenai keuangan perusahaan secara berkala dalam jangka waktu tertentu (ini hanya berlaku untuk investasi yang berupa saham).

Dari sekian banyak hak dan kewajiban bagi investor yang pasti diikuti oleh hak dan kewajiban dari perusahaan tempat investor menanamkan modalnya, yang paling penting adalah transparansi antara kedua belah pihak. Tujuannya agar tercipta suasana bisnis yang kondusif dan stabil, serta meningkatkan kepercayaan dan benefit dari masing-masing pihak. Tentu saja hal ini membutuhkan kesadaran dari pihak-pihak yang terlibat untuk menciptakan bisnis yang bersih. Demikian artikel tentang hak dan kewajiban investor. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

Komentar