Internasional

Gerhana Bulan ‘Blood Red Moon’ Tahun 2014

on

Gerhana bulan merupakan salah satu peristiwa alam yang secara sirkulasi akan terjadi setiap beberapa tahun sekali. Gerhana bulan terjadi ketika posisi bumi berada sejajar di antara bulan dan matahari, sehingga bayangan bumi menutupi cahaya yang menyinari bulan sehingga menyebabkan gerhana bulan.
Gerhana bulan dapat di lihat dapat di lihat di daerah yang berada pada posisi malam di bumi ini. Berbeda dengan gerhana matahari yang hanya dapat di lihat di daerah tertentu saja.
Berbeda pula dengan gerhana matahari yang memiliki mitos tidak boleh berada di luar saat gerhana terjadi karena akan menimbulkan berbagai macam musibah atau malapetaka bagi yang melanggar. Kepercayaan terhadap mitos ini sebaiknya di perbaharui, sebenarnya gerhana matahari tidak dianjurkan untuk di lihat dengan mata telanjang melainkan harus menggunakan kacamata hitam atau penyaring warna hitam supaya apabila terjadi perbedaan dari gelap ke terangya sinar matahari dapa memicu terjadinya kebutaan.
Disisi lain mitos tersebut, gerhana bulan juga sering dikait-kaitkan dengan hal-hal yang mistis. Namun pada dasarnya adalah hal itu mitos yang di gunakan untuk menakut-nakuti anak kecil supaya tidak nakal atau suka keluyuran di malam hari. Selain itu perbedaan gerhana bulan dengan gerhana matahari, bulan memiliki intensitas cahaya yang lebih redup dibandingkan dengan matahari, oleh karena itu gerhana bulan dapat di lihat secara langsung tanpa harus melakukan tindakan pencegahan seperti harus memakai kacamata.
Seperti dilansir dari turismoastronomico.cl. Tahun ini akan terjadi dua gerhana bulan dan dua gerhana matahari. Ternyata gerhana bulan terlah terjadi pada tanggal 15 April 2014 kemarin, namun berdasarkan dari pemantaun satelit gerhana bulan total hanya terlihat di beberapa wilayah di Indonesia saja seperti di Sumatra bagian Barat dan Sumatra bagian Utara.
Kemudian setelah hari kemarin, akan di susul dengan gerhana matahari Annular pada tanggal 19 April 2014 dan gerhana matahari partial pada tanggal 23 Oktober 2014 mendatang. Gerhana bulan juga masih akan terjadi pada tanggal 8 oktober 2014 mendatang.
Setiap gerhana ini akan memiliki intensitas waktu terjadi yang berbeda-beda berdasarkan jenisnya dan berdasarkan orbit yang di alaminya. Gerhan penumbra akan berlangsung selama 5 jam 44 menit, gerhana umbra akan berlangsung selama 3 jam 35 menit  sedangkan gerhan total akan berlangsung selama 78 menit.

Komentar